nusabali

Denpom IX/3 Denpasar Asah Skill Berkendara Para Motoris

  • www.nusabali.com-denpom-ix3-denpasar-asah-skill-berkendara-para-motoris

DENPASAR, NusaBali.com – Serangkaian menyambut HUT Ke-77 Corps Polisi Militer (CPM) TNI Angkatan Darat Ke-77 pada 23 Juni 2023, Denpom IX/3 Denpasar menyelenggarakan kegiatan ‘Safety Riding 2023’ di kawasan Monumen G20, Tahura Mangrove, Denpasar Selatan pada Sabtu (8/7/2023).

Komandan Denpom IX/3 Letkol CPM F Okto Femula menyebutkan pelatihan diperlukan menginat pesatnya perkembangan teknologi otomotif, sehingga para motoris di lingkup Denpom diharapkan memahami perubahan yang terjadi.

“Beberapa motor mengalami perkembangan teknologi, karena itulah diperlukan pelatihan supaya rider dan motoris punya kelebihan,” kata Letkol CPM Okto. Terlebih lagi saat ini sudah marak electric vehicle (EV/kendaraan listrik).  

Pada kesempatan itu pula, personel Denpom juga menjajal sepeda motor listrik. “Motor listrik ini kan sesuatu yang baru. Kita pertamakali coba pada gelaran G20 lalu, dan dua bulan lalu sudah menerima unit sepeda motor listrik dan mobil listrik,” kata Letkol CPM Okto. 

Bukan hanya harus tahu teknologi motor terbaru, terutama motor listrik, namun harus juga merasakan performa, handling dan manuvernya yang tentunya berbeda dengan motor konvensional.

“Kami Denpom menerima dua bulan lalu 17 unit motor listrik dan 9 unit  mobil listrik. Sebagai kendaraan baru, tentunya karakteristiknya berbeda sehingga diperlukan pelatihan dan mendapatkan materi-materi baru, karena ini (kendaraan listrik) spek-nya berbeda,” urai Letkol CPM Okto.

Pada program Safety Riding 2023 ini turut terlibat 50 personel dinas, mulai dari Denpom, POMAL, POMAU, Dishub dan DLLAJR. 

Turut terlibat pula Raider 900/Satya Bhakti Wirottama karena juga memiliki personel matan motoris yang menjalankan fungsi pengamanan VVIP dalam sebuah rangkaian kendaraan. Selain itu dari non dinas, turut digandeng 30 orang dari komunitas roda dua lainnya.

Dandenpom IX/3 Denpasar pun berharap event safety riding kali ini bisa meningkatkan kemampuan motoris sekaligus meningkatkan kemampuan pengawalan. 

“Ke depan semoga kegiatan berlanjut, bisa satu kali dalam semester diadakan. Mungkin selanjutnya diadakan di kota lain seperti Denpom Surabaya, Denpom Bandung dan seterusnya,” tuntas Letkol CPM Okto. 

Komentar