nusabali

11 Pasien Meningitis di Klungkung Sembuh

  • www.nusabali.com-11-pasien-meningitis-di-klungkung-sembuh

SEMARAPURA, NusaBali - Sebanyak 9 pasien meningitis yang menjalani perawatan medis di RSUD Klungkung sejak 15 Juni 2023 lalu semuanya dinyatakan sembuh.

Mereka sudah dipulangkan sejak 21 Juni lalu. Pun 2 pasien meningitis asal Klungkung yang dirawat di RSUP Prof dr I Goesti Ngoerah Gde Ngoerah, Denpasar dan 1 pasien yang dirawat di RS swasta kawasan Denpasar juga sudah dipulangkan.

Plt Kadiskes Klungkung dr Ida Ayu Megawati mengatakan, ada 11 orang yang terpapar meningitis yakni 10 warga Klungkung dan 1 orang (KTP) dari luar Bali tapi tinggal di Klungkung. Sebanyak 9 orang dirawat di RSUD Klungkung dan 2 orang dirawat di RS luar klungkung. “Dari laporan petugas, sudah tidak ada pasien meningitis yang dirawat di RS,” ujar dr Megawati, Selasa (4/7). 

Dinas Kesehatan mengimbau masyarakat tidak mengkonsumsi daging olahan mentah. Petugas kesehatan dari Puskesmas sudah rutin melakukan pemantauan makanan yang disajikan oleh penjual makanan. “Upaya promosi atau penyuluhan juga terus dilaksanakan di masyarakat dan sasaran lainnya,” ujar dr Megawati.

Dinas Kesehatan juga mengimbau masyarakat untuk waspada penyakit meningitis dengan cara perilaku hidup bersih dan sehat. Seperti cuci tangan pakai sabun sebelum mengolah maupun menyentuh makanan. Warga diingatkan hati-hati menyantap makanan mentah kotor yang rawan bakteri. Meningitis adalah radang selaput otak yang disebabkan oleh bakteri maupun virus dengan gejala demam, sakit kepala kaku kuduk, dan batuk. 7 wan

Komentar