nusabali

Pentingnya Penggunaan Software HR untuk Rumah Sakit

  • www.nusabali.com-pentingnya-penggunaan-software-hr-untuk-rumah-sakit

DENPASAR, NusaBali.com - Apabila rumah sakit yang saat ini Anda kelola sedang atau sudah berkembang, mengurus banyak karyawan secara manual tentu menjadi pekerjaan yang rawan mengalami kesalahan. Baik dalam penggajian, mengatur absensi karyawan, serta tugas lainnya.

Untuk memudahkan HR dalam mengolah serta mengelola data karyawan, software HR akan diperlukan. Software ini menjadi perangkat wajib yang harus dimiliki perusahaan, tak terkecuali untuk rumah sakit.

Simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui manfaat lebih lanjut dari penggunaan software HRIS bagi rumah sakit.

Apa Itu Software HR?

Software HR adalah sebuah sistem yang digunakan untuk  menyimpan dan mengolah data karyawan dalam jumlah besar. Maksud dari data karyawan disini yakni data absensi, penggajian, pajak, evaluasi kinerja karyawan, dan lainnya.

Salah satu jenis software HR yang dapat membantu mengelola berbagai kegiatan yang bersinggungan dengan SDM yaitu HRIS yang merupakan kepanjangan dari Human Resource Information System.

Software ini mampu mengelola berbagai kegiatan yang berkaitan dengan SDM, prosedur, hingga kebijakan perusahaan, melalui sistem yang sudah tersentralisasi dengan baik.

Dengan adanya sistem tersebut, perusahaan akan lebih mudah dalam berbagi informasi yang dapat mendukung kinerja perusahaan, dan HRIS sendiri berfungsi sebagai database, perekrutan, pelatihan, pelaporan SDM, serta keuntungan manajemen.

Software HRIS tentu akan sangat diperlukan oleh semua jenis perusahaan, tak terkecuali untuk rumah sakit. Sebab akan memudahkan dalam berbagi informasi yang dapat menunjang performa di rumah sakit terkait.

5 Manfaat Software HR Bagi Rumah Sakit

Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat, memunculkan inovasi yang dapat mempermudah berbagai aktivitas. Salah satunya software HRIS yang dapat memudahkan tugas HR di rumah sakit.

Sangat penting mengaplikasikan software HR ini sebagai salah satu strategi dalam mengelola SDM yang dapat mendukung keberhasilan rumah sakit.

Adapun beberapa manfaatnya yaitu:

1. Meningkatkan Keamanan Data Karyawan Rumah Sakit

Banyaknya tenaga kesehatan atau karyawan yang harus dikelola oleh tim HR, tentu akan cukup sulit dilakukan jika dikerjakan secara manual. Bahkan hal ini dapat meningkatkan rentannya ketidakamanan data karyawan rumah sakit.

Oleh karena itu, penggunaan software HR ini sangat penting untuk memberikan keamanan data karyawan, karena software iterintegrasi dalam satu sistem. Dengan begitu, rumah sakit dapat meminimalisir pencurian data karyawan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

2. Pengambilan Keputusan Semakin Optimal

Mengacu pada data yang bersumber dari software HR, sistem ini akan membantu manajer HR mengambil keputusan dengan tepat dan optimal. Sebab seluruh data terpusat dan otomatis memberikan keakuratan data.

Nantinya hasil analisis pun semakin mudah diaplikasikan dari penyajian data yang sederhana. Sehingga rumah sakit akan lebih cepat menemukan SDM yang dapat berkontribusi lebih untuk rumah sakit.

3. Monitoring Kinerja Karyawan Semakin Mudah

Lingkungan kerja yang menuntut untuk bekerja serba cepat, tentu memberikan tekanan bagi karyawannya, apalagi bagi tenaga kesehatan yang harus merawat pasien sepanjang waktu dan harus siap siaga di pagi, siang, dan malam hari.

Ditambah lagi bekerja dengan sistem shift, serta harus menghadapi tuntutan yang terus menerus dapat membuat karyawan kelelahan, membuat tingkat konsentrasi menurun, hingga kesejahteraan karyawan terancam, baik secara fisik maupun secara mental.

Untuk itulah, sistem manajemen SDM ini dapat memitigasi penyebab stres yang bisa memastikan kesehatan karyawan dengan baik. Karena, Software HRIS dapat membantu memantau beban kerja karyawan di rumah sakit dengan baik.

Pemantauan ini dilakukan dengan mengalokasikan waktu istirahat serta istirahat yang cukup di antara pekerjaan yang intens. Sehingga memungkinkan karyawan untuk memulihkan tenaganya dan siap melakukan tugas berikutnya.

Bukan hanya menguntungkan karyawan, bentuk kesejahteraan ini juga mengarah pada peningkatan kinerja serta kepuasan kerja secara keseluruhan.

4. Biaya Operasional Lebih Kecil

Rumah sakit bisa menghemat biaya operasional untuk memanajemen karyawannya, sebab tidak perlu lagi menggunakan paper based data.

Sistem yang satu ini dapat membantu HR untuk menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan karyawan melalui pengotomatisasian.

Menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan satu sistem tentu dapat menghemat biaya pengeluaran perusahaan, yang bisa digunakan untuk kepentingan operasional lainnya.

5. Dapat Mendukung Pengembangan Tenaga Kesehatan

Dalam hal ini diperlukan sistem manajemen pelatihan yang efektif dan efisien. Nah, software HRIS menyediakan platform terpusat untuk menyimpan serta melacak catatan pelatihan karyawan rumah sakit. Tentu ini akan memudahkan HR dalam memantau dan mengelola program pelatihan karyawan.

Selain itu, software HRIS juga akan memberi kemudahan dalam menetapkan sesi pelatihan, memantau tingkat penyelesaian pekerjaan, hingga melakukan evaluasi keefektifan program pelatihan.

Bisa dipastikan, karyawan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memberikan perawatan yang berkualitas kepada setiap pasien.

Tak sampai disitu, software ini juga memberi kesempatan kepada karyawan untuk terus meningkatkan keterampilannya serta mengikuti perkembangan terkini tentang teknologi kesehatan.

Itu dia 5 manfaat dari penggunaan software HR bagi rumah sakit yang penting untuk Anda ketahui.

Intinya, pekerjaan di bidang perawatan seperti rumah sakit akan terus mengalami perkembangan secara eksponensial. Rumah sakit tentu akan memerlukan SDM dan tenaga kesehatan yang cukup banyak. Jadi, software HR yang tepat akan membantu HR dalam merampingkan proses pengelolaan SDM melalui basis datanya.

Komentar