nusabali

LDII Distribusikan 10.000 Paket Daging Kurban ke Seluruh Bali

  • www.nusabali.com-ldii-distribusikan-10000-paket-daging-kurban-ke-seluruh-bali

DENPASAR, NusaBali.com – Kegiatan berbagi kembali dilakukan oleh Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Bali dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, dengan membagikan 10.000 paket daging kurban ke seluruh Bali.

Bukan untuk warga Muslim saja, melainkan juga dibagi-bagikan kepada seluruh umat, terutama bagi mereka yang membutuhkan. 

“Target pembagian adalah 10.000 paket daging kurban di seluruh Bali. Adapun pelaksananya per kabupaten. Di Denpasar misalnya ada empat titik, begitu juga di Badung ada empat titik,” kata Wakil Ketua LDII Bali, H Hardilan, Kamis (29/6/2023).

Ajakan berkurban sendiri digaungkan LDII Bali melalui pengajian-pengajian sebelumnya beserta dalil-dalilnya. “Berkurban ini adalah perintah Allah langsung kepada Nabi Ibrahim. Intinya kita berkurban walaupun berat,” papar Hardilan.

Alhasil sejak seminggu lalu, mulai mengalir para pekurban kambing hingga pekurban patungan sapi.  Total jumlah hewan kurban yang diterima LDII Bali untuk tahun ini, sebanyak 115 ekor sapi, 244 ekor kambing, mengalami kenaikan sebesar 15 persen dibandingkan Idul Adha 1443 Hijriah/2022.

Nilai hewan kurban di pasaran saat ini, kata Hardilan,  diakui mengalami
kenaikan.  “Sapi rata-rata Rp 20 jutaan, untuk mencari yang agak kecil
susah, rata-rata di atas 300 kilogram,” terang Hardilan. Toh begitu, Namun jumlah hewan kurban tetap mengalami peningkatan.

Untuk Kota Denpasar jumlah hewan kurban terdata sebanyak 67 sapi, 132 kambing; Badung )21 sapi, 59 kambing), Tabanan (6 sapi, 14 kambing), Gianyar (5 sapi, 15 kambing), Karangasem (9 sapi, 13 kambing), Buleleng (2 sapi, 6 kambing) dan Jembrana (5 sapi, 5 kambing).

Adapun data ribuan penerima ini pun sudah masuk ke panitia sejak sebulan sebelumnya, termasuk distribusi bagi lingkungan sekitarnya. 

“Data sudah kami terima sebelumnya, baik dari panitia (Idul Adha) ataupun yayasan. Dibagikan juga buka untuk umat Muslim saja, melainkan untuk semua umat karena kita harus menyamabraya. Tujuannya adalah menyama braya, menjalin silaturahmi,” kata Hardilan.

Peningkatan kali ini juga tidak lepas dari sudah berlalunya masa pandemi Covid-19. Namun diungkapkan oleh Hardilan jika penyaluran hewan kurban di LDII Bali mengalami peningkatan di setiap tahunnya.

Khusus di lokasi DPW LDII Bali di Padangsambian, dilakukan penyembelihan 12 ekor sapi dan 31 ekor kambing. Sementara penyembelihan hewan kurban lainnya disebar ke berbagai lokasi.

Untuk penanganan hewan kurban ini melibatkan panitia berjumlah 50 orang yang melakukan penyembelihan, pemotongan dan pencacahan di Gedung Dewan Pimpinan Wilayah LDII Provinsi Bali di Padangsambian Denpasar. Turut terlibat juga petugas yang diterjunkan oleh Dinas Peternakan yang melakukan pemeriksaan antemortem dan postmortem.

“Lebih dulu dilakukan pengecekan suhu, mata, hidung, kondisi kaki, ada yang melepuh atau tidak, infeksi atau tidak, atau mengecek  ada yang tidak normal,” jelas Ghea Sheila Gunawan, mahasiswa semester VI Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana yang ditugaskan di LDII Bali.

Sementara itu pelaksanaan salat Idul Adha di DPW LDII Bali Jalan Padang Griya II Nomor 1 Padangsambian, Denpasar Barat, diikuti oleh sekitar 1.000 jemaah. Membludaknya jemaah menyebabkan areal parkir atas pun dijadikan tempat salat dengan Imam/Khatib Ustaz Somad dari Biro Pendidikan Agama dan Dakwah LDII Provinsi Bali.

Pada perayaan Idul Adha 1444 Hijriah di DPW LDII Provinsi Bali ini juga terlihat hadir Panglingsir Puri Pemecutan Gerenceng, Anak Agung Ngurah Agung  yang mengapresiasi pelaksanaan kurban oleh umat Muslim di LDII Provinsi Bali.

“Selamat hari raya Idul Adha, semoga apa yang diamalkan bisa berjalan baik, ada berkah dan barokahnya,” kata Ngurah Agung yang juga Ketua Umum Persaudaraan Hindu Muslim Bali (PHMB).

Komentar