nusabali

Wabup Suiasa Lepas Peserta KPN 2023

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-lepas-peserta-kpn-2023

MANGUPURA, NusaBali - Ketua Pramuka Kwarcab Badung yang juga Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa melepas Peserta Karang Pamitran Nasional (KPN) 2023 di Rumah Jabatan Wakil Bupati, Puspem Badung, Rabu (28/6).

Pelepasan peserta KPN 2023 disertai dengan pemasangan jaket.

Hadir dalam kegiatan tersebut Waka Organisasi Hukum Penelitian dan Rencana Pengembangan Kwarcab Badung I Wayan Wirawan sekaligus mewakili Ketua Harian Kwarcab Badung, Waka Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa) sekaligus Kepala Pusdiklatcab Badung I Ketut Sukarta, Waka Bidang Pengabdian Masyarakat Humas dan Informatika I Gede Wirawan, Waka Bidang Keuangan Usaha Sarana Prasarana dan Aset I Dewa Made Muartha, Sekretaris Kwarcab Badung Maria Agustini, Ketua Kwartir Ranting se-Badung dan peserta KPN Kwarcab Badung.

Wabup Suiasa selaku Ketua Pramuka Kwarcab Badung dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Dirinya berharap kepada peserta KPN 2023 yang mengikuti KPN berskala nasional agar bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. Demikian juga Wabup Suiasa berharap para peserta mendapatkan pengalaman baru, serta menyerap berbagai perkembangan ilmu pengetahuan, baik itu ilmu pengetahuan secara umum dan khususnya tentang kepramukaan. Terutama lagi dalam hal perkembangan keterampilan dan informasi teknologi di bidang kepramukaan.

"Semoga ada yang nanti didapat dari kegiatan ini bisa didistribusikan, disebarluaskan dan disosialisasikan, ini nantinya bisa diteruskan kepada adik-adik binaan serta adik-adik kader pramuka, juga nanti bisa dikembangkan, disosialisasikan, didiskusikan ke tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Sementara itu Pinkoncab KPN Kwarcab Badung yang sekaligus Waka Pusdiklatcab Badung I Ketut Suasta melaporkan, KPN Tahun 2023 diselenggarakan di Bumi Perkemahan Pramuka Wiladatika Cibubur Jakarta Timur selama enam hari, pada 3-8 Juli 2023 mendatang. Kegiatan ini diikuti oleh 14 orang Koncab pembina pramuka yang terdiri dari kategori siaga berjumlah empat orang pembina, penggalang lima orang pembina, penegak empat orang pembina dan satu orang untuk Pinkon.


Dijelaskan, KPN ini adalah merupakan pesta pertemuan para Pembina se-Indonesia yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali. Kegiatan KPN 2023 juga terbagi menjadi delapan Distrik, serta KPN 2023 dilakukan dengan pendekatan andragogi kepada anggota dewasa.
"Kegiatan dikemas secara kreatif, kreatif, produktif, inovatif, edukatif, kompetitif dan menantang yang dilakukan di areal kawasan pemukiman warga dan kampung-kampung adat di sekitar lokasi kegiatan di Bumi Perkemahan Cibubur," jelasnya.

Sedangkan Waka Abdimas, Humas dan Informatika I Gede Wirawan, menegaskan KPN tahun 2023 ini mengusung tema "Membina Karakter Bangsa dengan Inovasi dan Semangat Persaudaraan" dengan slogannya "Merajut Persatuan Dalam Keberagaman". Sementara mottonya adalah "Ikhlas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana".

KPN dilakukan sebagai upaya untuk mendukung peningkatan kualitas Pembina Pramuka agar memiliki wawasan yang luas tentang proses pembinaan di Gerakan Pramuka, pemahaman yang baik tentang fundamental kepramukaan, serta memiliki kompetensi, keterampilan dan inovasi melalui metode berbagi pengalaman praktik baik dari para Pembina Pramuka di seluruh Indonesia.

"KPN juga memiliki peran yang penting bagi pengembangan diri setiap tenaga pendidik kepramukaan. Ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang berkembang cepat harus diimbangi dengan penyesuaian dan penguasaan, sehingga mampu melaksanakan pembinaan kepramukaan dengan baik, tepat dan menarik sesuai dengan perkembangan zaman," kata I Gede Wirawan. @ ind

Komentar