nusabali

Rehab Pasar Kumbasari Mulai Digarap, Anggaran Rp 13 M

  • www.nusabali.com-rehab-pasar-kumbasari-mulai-digarap-anggaran-rp-13-m

DENPASAR, NusaBali - Rehab Pasar Kumbasari di Jalan Gajah Mada, Denpasar sudah dilakukan sejak 23 Juni 2023. Pengerjaan dimulai dari lantai satu dengan melakukan pelebaran, karena kios lama akan digunakan sebagai tempat parkir.

Kabid Penataan Bangunan dan Pengembangan Kawasan Permukiman Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Denpasar I Wayan Dirgayasa, Selasa (27/6), mengungkapkan pengerjaan saat ini sedang berlangsung, karena sesuai penandatanganan kontrak, pengerjaan dilakukan pada 23 Juni 2023.

Menurutnya, pemenang tender proyek perehaban dengan nilai kontrak anggaran Rp 13.028.700.000 atau Rp 13 miliar. Total tersebut lebih rendah dari pagu anggaran yang ditetapkan senilai Rp 14.654.750.000.

"Sudah penandatanganan kontrak 23 Juni, dan sudah langsung proses pengerjaan," kata Dirgayasa.

Menurut Dirgayasa, pengerjaan proyek tersebut akan memakan waktu sekitar 6 bulan yang akan berakhir pada pertengahan Desember 2023.

"Targetnya pertengahan Desember nanti harus sudah selesai. Jadi kami terus melakukan pengawasan agar pengerjaan sesuai dengan detail engineering design (DED)," imbuhnya.

Sebelumnya, Dirut Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar Ida Bagus Kompyang Wiranata alias Gus Kowi, mengungkapkan Pasar Kumbasari akan dijadikan sentra industri kecil menengah (IKM). Revitalisasi ini dilakukan untuk menata kembali agar memiliki fasilitas yang baik untuk dikunjungi.

Menurut Gus Kowi, selain proses revitalisasi, sosialisasi secara internal kepada pedagang juga sudah dilakukan karena akan menyasar selasar Pasar Kumbasari.

"Sudah finalisasi, sekarang tinggal membahas sekali lagi dengan tim konsultan perencana di mana saja nantinya akan dilakukan revitalisasi. Pedagang juga sudah kami berikan sosialisasi secara internal. Nanti akan secara formal juga kami lakukan," kata Gus Kowi. 7 mis

Komentar