nusabali

Momentum Idul Adha, Bandara Ngurah Rai Siagakan Personel

  • www.nusabali.com-momentum-idul-adha-bandara-ngurah-rai-siagakan-personel

MANGUPURA, NusaBali - Angkasa Pura (AP) I memperkirakan cuti bersama serangkaian Hari Raya Idul Adha tahun ini akan terjadi peningkatan pergerakan penumpang di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta.

Pada momentum tersebut, pihak bandara pun menyiagakan para personel untuk memastikan kesiapan fasilitas beroperasi dengan baik.

"Perkiraan peningkatan jumlah penumpang ini melihat animo masyarakat yang lebih dominan memilih melakukan penerbangan pada saat libur ataupun saat cuti bersama dan menghabiskan liburan di Pulau Bali," kata General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, Selasa (27/6).

Dia memperkirakan trafik penumpang pada momen cuti bersama dan libur di Hari Raya Idul Adha bisa melayani sebanyak 320.205 penumpang. Rinciannya penumpang domestik 151.237 dan 168.968 penumpang internasional, dengan total kedatangan 163.113 dan keberangkatan 157.092 penumpang. Adapun pesawat udara yang beroperasi selama momen libur Hari Raya Idul Adha 2023 diprediksi sekitar 1.956 pergerakan pesawat udara dengan rute reguler domestik terbanyak saat ini dari Jakarta, Surabaya dan Ujung Pandang.

"Jika di hari bisa kami melayani sekitar 62.000 penumpang dan pada 5 hari mendatang ini diprediksikan akan meningkat hingga sekitar 64.000 penumpang," ucap Handy.

Dalam upaya memberikan pelayanan maksimal, Handy mengatakan menyiagakan para personel untuk memastikan kesiapan fasilitas beroperasi dengan baik. Selain secara langsung juga dapat di monitor melalui pusat kontrol pada Airport Operation Control Center (AOCC) selama 24 jam.

"Sebagai langkah antisipasi bagi pengguna jasa, jika akan melakukan penerbangan agar dapat datang lebih awal sekitar 3 jam sebelum berangkat, menghindari kepadatan menuju ke bandara atau saat berada di bandara," imbaunya.

Untuk diketahui, selama periode 1-26 Juni 2023 secara total penumpang yang layani sudah mencapai 1.649.592 penumpang dan 10.339 pergerakan pesawat. "Kami optimis peningkatan terus terjadi ke depannya," kata Handy. 7 dar

Komentar