nusabali

Lokasi Salat Idul Adha 1444 H di Nusa Dua Dipusatkan di Lapangan Lagoon

  • www.nusabali.com-lokasi-salat-idul-adha-1444-h-di-nusa-dua-dipusatkan-di-lapangan-lagoon

MANGUPURA, NusaBali.com – Setelah tiga tahun pandemi Covid-19 benar-benar berlalu, pelaksanaan salat Idul Adha 1444 H di Nusa Dua, Badung, Bali kembali dipusatkan di Lapangan Lagoon Nusa Dua, Jalan Pintas Utara Menuju Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali.

Imam Utama Masjid Agung Ibnu Batutah, Ibnu Subhan Al Habib menerangkan, pelaksanaan salat Idul Adha akan dilaksanakan serentak pada Kamis (29/6/2023) mendatang sesuai dengan hasil Sidang Isbat dari Pemerintah Republik Indonesia. Lebih lanjut ia jelaskan, kembalinya lokasi pelaksanaan Salat Idul Adha ke Lapangan Lagoon Nusa Dua adalah sebagai bentuk misi syiar.

“Misi syiar ini untuk menunjukkan Idul Adha adalah hari raya besar Umat Islam kepada saudara kami yang berbeda,” tuturnya saat ditemui di Masjid Agung Ibnu Batutah, Kompleks Peribadatan Puja Mandala, Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Bali pada Selasa (27/6/2023) siang.

Selain alasan itu, ia juga menuturkan bahwa lokasi tersebut adalah tempat yang difasilitasi oleh pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk seluruh umat.

Sehingga apabila tidak digunakan lagi sebagai lokasi ibadah hari raya besar, Subhan menuturkan bisa berdampak kepada generasi penerus yang tidak tahu jika tempat itu difasilitasikan untuk bersama.

Ia juga menilai, dengan melangsungkan salat Idul Adha di Lapangan Lagoon Nusa Dua, dapat membangun komunikasi antar umat beragama dan membuktikan bahwa semua umat di Bali hidup dengan rukun.

“Karena nanti saat Salat Idul Adha juga akan melibatkan semua umat yang ada di Kompleks Puja Mandala. Mereka nantinya akan membantu menjaga parkir, ikut membantu merapikan lokasi, dan persiapan lainnya. Sehingga hal ini juga untuk memperlihatkan bahwa ini adalah wajah dari umat beragama di Bali,” tuturnya.
 
Pada tahun sebelumnya, terang Subhan pelaksanaan Salat Idul Fitri ataupun Salat Idul Adha di Nusa Dua selalu berpusat di Masjid Agung Ibnu Batutah. Sementara, Lapangan Lagoon Nusa Dua terakhir digunakan sebagai lokasi pelaksanaan Salat Idul Fitri ataupun Salat Idul Adha pada tahun 2018.

“Kalau di Lapangan Lagoon Nusa Dua bisa menampung 8.000 sampai 16.000 umat yang akan menunaikan ibadah salat. Masjid dan Mushala di sekitar Nusa Dua juga sudah kami kirimkan surat edaran bahwa kami akan melaksanakan salat di Lapangan Lagoon Nusa Dua,” terangnya.

Rencananya pelaksanaan salat Idul Adha akan dilaksanakan pada pukul 06.50 Wita dan yang akan menjadi Imam dan Khatib pada pelaksanaan Salat Idul Adha didatangkan dari Pondok Pesantren Thursina IIBS Malang yakni Ust Abrori S K I Al Hafids (Imam) dan Ust Muhammad Taufik S Sy M Ed (Khatib). Soal persiapannya pun, terang Subhan akan dilakukan pada Rabu (28/6/2023).

“Saat ini Imam dan Khatib sudah menuju ke Bali. Sedangkan dari pihak ITDC sudah mulai memangkas rumput dan membersihkan lokasi mulai hari ini,” tuturnya.

Ia pun berharap kepada seluruh jamah yang akan mengikuti pelaksanaan salat Idul Adha pada Kamis (29/6/2023) mendatang, untuk selalu menjaga kebersihan sebelum dan sesudah salat.

“Kami menghimbau kepada seluruh jmaah untuk selalu berhati-hati dan menjaga kesehatan, lalu ikut bertanggung jawab soal kebersihan di lokasi, pulang dengan tertib, dan mengikuti ibadah sebagaimana anjuran dari pemerintah,” harapnya. *ris

Komentar