nusabali

Bali–Jiangxi Tandatangani MoU Sister Province

  • www.nusabali.com-bali-jiangxi-tandatangani-mou-sister-province
  • www.nusabali.com-bali-jiangxi-tandatangani-mou-sister-province

DENPASAR, NusaBali - Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Provinsi Jiangxi, Tiongkok, sepakat menjalin kerja sama sister province. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Sister Province dan Jiangxi-Bali Economic and Trade Cooperation Fair, berlangsung di The Laguna Resort and Spa, Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Senin (22/4).

Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya mengatakan, kerja sama antara Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Provinsi Jiangxi dilakukan dalam semangat saling menguntungkan sebagai bentuk kemitraan strategis komprehensif di antara kedua negara. 

Mahendra Jaya menyatakan kerja sama ini mempererat hubungan Tiongkok dengan Indonesia dan upaya meningkatkan hubungan persahabatan yang memberikan manfaat nyata dengan ruang lingkup bidang pariwisata, kebudayaan, pendidikan, ekonomi, dan perdagangan.  

“Dengan kerja sama yang dibangun dalam kerangka sister province, kita bisa saling transfer pengetahuan dan pengalaman,” ujar Mahendra Jaya.

Namun, kemitraan strategis ini menurutnya akan sungguh berhasil apabila pihak swasta di kedua belah pihak ikut menyukseskan, dengan memberikan kontribusinya yang nyata. Karena peran pemerintah saja tidak akan cukup. 

“Oleh sebab itulah, saya sangat gembira dan menyambut baik keikutsertaan kalangan pengusaha Jiangxi yang begitu besar dalam kunjungan Sekretaris CPC Jiangxi Mr Yin Hong ke Bali. Hal ini membuktikan bahwa kedua belah pihak sama-sama optimistis di dalam membuka lembaran baru hubungan ekonomi dan memiliki antusiasme yang tinggi untuk mengisinya dengan kerja sama yang konkret dan saling menguntungkan,” ucap Mahendra Jaya.

Sekretaris Komite Partai Provinsi Jiangxi Yin Hong, mengatakan kerja sama yang akan dibangun lebih intens di antara kedua belah pihak yakni di bidang teknologi industri, yang bisa saling melengkapi. Karena seperti diketahui Indonesia saat ini sedang gencar mendorong transformasi struktur perekonomiannya. Dan serangkaian kebijakan dan tindakan telah diperkenalkan untuk mendukung pengembangan energi baru, pertambangan energi baru, infrastruktur baru, dan industri baru. 

“Berikutnya, Jiangxi ingin memperdalam kerja sama pariwisata budaya. Mengingat Bali sangat kaya akan sumber pariwisata budaya, serta sektor pariwisata menjadi penyumbang pendapatan terbesar bagi Bali,” kata Yin Hong. 7 a 

Komentar