nusabali

Ratusan Pohon Perindang Ditebang

  • www.nusabali.com-ratusan-pohon-perindang-ditebang

Karena posisi pohon itu tepat berdekatan dengan drainase yang akan dibongkar.

BANGLI, NusaBali - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menebang ratusan pohon perindang di seputaran Kota Bangli. Penebangan ini karena imbas dari pengerjaan proyek rehabilitasi drainase dan trotoar di kota setempat.

Kepala DLH Bangli Putu Ganda Wijaya mengatakan serangkaian revitalisasi drainase dan trotoar, sekitar 115 pohon perindang harus ditebang. Karena posisi pohon itu tepat berdekatan dengan drainase yang akan dibongkar. "Untuk penebangan dilakukan berbarengan dengan pengerjaan drainase," ungkapnya, Senin (26/6).

Pohon perindang berusia puluhan tahun tersebut, kata, Ganda Wijaya, sebagai salah satu penyebab kehancuran trotoar. Sebagian besar trotoar retak akibat akar pohon yang terlalu besar. ”Jenis pohon perindang ini dengan akar merambat dan menjebol drainase sehingga trotoar ikut amblas,” katanya.

Mantan Kepala Bappeda Bangli ini menyampaikan untuk pengganti pohon perindang yang ditebang, masih dikaji, terutama jenis pohon peneduh yang cocok. Pohon perindang ini dicatat sebagai asset sehingga tebangan pohon akan dikumpulkan dan nantinya akan dilelang. Limit harga lelang berdasarkan perhitungan aparat lelang.

Pihaknya juga masih mohon petunjuk dari pimpinan untuk jenis pohon  yang nantinya ditanam.”Kalau sebelumnya kita sempat lakukan pengadaan pohon jenis kamboja dan pohon ditanam di telajakan atau  bukan lagi di tepi jalan," ujar Ganda Wijaya.7esa.

Komentar