nusabali

Juli, MDA Selat Tempati Sekretariat Baru

  • www.nusabali.com-juli-mda-selat-tempati-sekretariat-baru

AMLAPURA, NusaBali - Pembangunan Sekretariat MDA Kecamatan Selat, Karangasem, baru mencapai 40 persen. Meski demikian, penggunaannya bangunan ini diagendakan mulai Juli 2023.

"Sebab, finishing lantai  I telah tuntas. Bisa untuk tempat paruman dan pelayanan kepada krama Desa Adat se-Kecamatan Selat," jelas Bendesa Alitan MDA Kecamatan Selat I Komang Sujana, kepada NusaBali, di sela-sela mengecek pengerjaan bangunan di Sekretariat MDA Kecamatan Selat, Banjar Bambang Biaung, Desa Duda, Kecamatan Selat, Karangasem, Minggu (25/6).

Kata dia, lantai I hanya rabat beton dan fishing bagian depan kelar. Kini sedang penataan halaman dan pondasi palinggih Padmasana. Sujana yang juga Bendesa Adat Desa Duda menambahkan, mengingat penggunaannya sekretariat ini mendesak karena banyak program yang telah teragendakan. Maka, Juli depan gedung ini agar bisa dipakai. "Terutama untuk menggelar paruman, menyangkut tata cara menyusun pararem jelang ngadegang bendesa, menggelar konsolidasi melibatkan desa adat se-Kecamatan Selat," lanjut Sujana. 

Khusus untuk lantai I, bisa untuk paruman dengan kapasitas 150 orang, sambil menunggu anggaran untuk fishing lantai II, dan penataan lainnya. Finishing lantai I, berupa rabat beton, yakni kamar kecil, pintu, dan jendela, juga finishing tembok depan gunakan minimalis.

Lanjut Sujana, nantinya gedung ini tidak MDA Kecamatan Selat yang memanfaatkan, namun juga lembaga sosial lain. Seperti, PHDI untuk menggelar diksa pariksa, penyuluh agama melakukan pelatihan bebantenan, paruman pamangku dan yang lainnya. Agar sekretariat ini bisa dipakai mulai Juli, akan diawali upacara Baas Nyahnyah.

Untuk diketahui, lokasi Sekretariat MDA Kecamatan Selat, sangat strategis, di depan Kantor UPTD BBI (Balai Benih Ikan) Kecamatan Selat, atau di barat Kantor Camat Selat. Tersedia juga areal parkir yang memadai, ada bale sekapat, dan ruang istirahat.

Bangunan di atas lahan 17 are. MDA ini melayani 27 desa adat se-Kecamatan Selat. Petengen Alitan MDA Kecamatan Selat Jro Ketut Yasa juga membenarkan, Juli sekretariat bisa berfungsi. "Walau lantai dengan rabat beton, terpenting bisa kami fungsikan untuk kepentingan sosial, dari pada numpang di Kantor Camat Selat, tidak ada tempat untuk paruman," jelas Jro Ketut Yasa yang juga Bendesa Adat Geriana Kangin, Desa Duda Utara, Kecamatan Selat.

Mulanya pembangunan bermodal uang tunai Rp 100 juta, sedangkan RAB (rencana anggaran biaya) Rp 1,3 miliar. Panitia hanya membeli material besi, dan semen. Sedangkan, keperluan pasir, koral, batu, dan sebagainya, dana punia dari bendesa yang mewilayahi galian C.

pembangunan berawal dari menggelar upacara nemakuh, ngantukang Ida Bhatara Sri, disinkrunkan peletakan batu pertama, Purnama Kadasa, Wraspati Paing Dukut, Kamis (17 Maret 2022). Berlanjut pembangunan pondasi gedung utama ukuran 8 meter x 20 meter, dan cor beton lantai II.7k16

Komentar