nusabali

Gede Agastya Berlaga di Kejuaraan Judo Asia

  • www.nusabali.com-gede-agastya-berlaga-di-kejuaraan-judo-asia

JAKARTA, NusaBali - Pejudo Gede Agastya Dharma Wardhana (Agas) kembali masuk Pelatnas. Kini, dia dipersiapkan untuk mengikuti Kejuaraan Asia Open 2023 di China Taipei pada 1-2 Juli mendatang. Agas berangkat bersama dua pejudo lainnya Dewa Kadek Rama Warma Putra dan Serina.

"Seminggu setelah SEA Games 2023, saya sudah berada di Pelatnas lagi. Saya dalam waktu dekat akan berangkat ke Asia Open bersama Kadek Rama dan Serina. Kami berangkat 29 Juni," ujar Agas kepada NusaBali, Kamis (22/6).

Di Asia Open, Agas turun di +100 kg perorangan putra. Di nomor tersebut Agas tidak terlalu mematok target. Lantaran kejuaraan itu, Agas manfaatkan untuk menambah pengalaman bertanding di kancah kejuaraan bertaraf internasional.

"Jadi, Agas tidak terlalu mengejar medali. Jika dapat medali di sana, Agas anggap sebagai bonus. Yang terpenting adalah berusaha maksimal agar mendapatkan hasil terbaik di kejuaraan tersebut," papar peraih medali emas ASEAN Games 2019 Filipina ini.

Mengenai lawan-lawan, lanjut Agas, dia juga belum mengetahui. Namun, dia memprediksi sejumlah negara kuat di Asia akan menurunkan pejudo andalannya. Termasuk tuan rumah, China Taipei. Saat ini yang terpenting adalah mempersiapkan diri dengan baik.

Dia terus berlatih hingga mendekati pertandingan. Dia juga menjalani sparring dengan pejudo junior Pelatnas. Menurut Agas, saat ini para pejudo junior cukup kuat sehingga bisa mengasah kemampuannya. "Memang kami lebih unggul dari mereka, tetapi junior-junior sekarang kuat juga," terang Agas. 

Agas sendiri baru saja menyelesaikan tes beban dan tes fisik, Kamis (22/6) lalu. Dia pun sukses menjalani itu. Tes beban dan fisik, lanjut Agas, dijalaninya bersama pejudo yang mengikuti Asia Open.

Selain Agas, pejudo asal Pulau Dewata lainnya yang masuk Pelatnas adalah Komang Ardiarta dan I Dewa Ayu Mira Widari (Mira). Namun, mereka tidak ikut kejuaraan itu. “Total di Pelatnas ada 15 pejudo senior. Tiga diantaranya dari Bali," terang Agas. 7k22

Komentar