nusabali

Incar Juara Lagi, Badung Kirim Atlet Terbanyak di Porsenijar Bali

  • www.nusabali.com-incar-juara-lagi-badung-kirim-atlet-terbanyak-di-porsenijar-bali

DENPASAR, NusaBali - Kontingen Porsenijar Kabupaten Badung mengirim wakilnya paling banyak dalam Porsenijar Bali, yang dimulai sejak Rabu (21/6) hingga Selasa (27/6). Total jumlah anggota Kontingen Badung mencapai 1.363 orang, disusul Denpasar 1.148 orang, lalu Gianyar 934 orang, Buleleng 796 orang, Klungkung 597 orang, Tabanan 494 orang, Karangasem 360, Jembrana 397 orang, Bangli 331 orang.

"Dari data yang ada, juara bertahan Kontingen Porjar Badung memilliki jumlah anggota kontingen terbanyak," kata Ketua Panitia Porsenijar Bali 2023 Made Dana Tenaya, Kamis (22/6). 

Menurut Dana Tenaya, mengenai siapakah yang akan kembali keluar sebagai juara umum dia meminta dilihat saja perkembangannya hingga satu pekan ke depan. Sebelumnya, Badung keluar sebagai juara umum sejak Porsenijar Bali 2019. Badung menggeser Denpasar, yang sebelumnya selalu jadi langganan juara umu. 

Lalu Porsenijar Bali sempat vakum tiga tahun karena pandemi Covid-19. Hingga akhirnya kembali dilaksanakan pada tahun 2023 ini.  Menurut Dana Tenaya, banyaknya jumlah anggota Kontingen Badung dari awalnya mendapatkan jatah kamar hotel sebanyak 145 kamar. Kuota kamar itu jumlahnya sama dengan daerah lainnya di Bali. 

Namun dalam perkembangannya,  karena daerah lainnya seperti Bangli, dan Jembrana tidak full tim dapat mengambil kuota kamar hotel kontingen lain. Akhirnya hotel yang tidak dipakai daerah lain diberikan kepada Badung dan Denpasar. 

"Kamar untuk kontingen Badung dan Kota Denpasar akhirnya ditambah menjadi 160 kamar, ini semua karena peralihan dari kontribusi daerah lainnya yang tidak memakai kamar full, hingga dialihkan pemakaiannya kepada Kontingen Badung," kata Dana Tenaya, yang juga Ketua Umum Persani Bali itu.

Menurut Denaya, istilahnya kamar yang tidak terpakai kontingen daerah lainnya diberikan kepada daerah yang mengirim jumlah atlet paling banyak, dalam hal ini Badung dan Denpasar. 

"Selain Badung, Denpasar juga cukup banyak mengutus atletnya lebih dari 1.000 atlet," tegas Dana Tenaya. 

Sementara Pekan Olahraga Seni dan Pelajar (Porsenijar) Bali 2023 mempertandingkan 31 cabang olahraga resmi dan 7 cabor ekshibisi serta 9 kategori seni. Porsenijar yang berlangsung selama 7 hari yang diikuti seluruh Kabupaten/Kota di Bali diikuti lebih dari 6 ribu lebih peserta, tepatnya 6.420 orang.

Porsenijar Provinsi Bali 2023 mengambil tema 'Melalui Pekan Olahraga dan Seni Pelajar Provinsi Bali 2023 Kita Raih Prestasi dengan Menjungjung Tinggi Sportifitas Berdasarkan Nangun Sat Kerthi Loka Bali'. Jumlah peserta dalam event bergengsi ini mencapai 6.420 orang, terdiri dari 5.234 atlet, 947 pelatih, dan 239 official.  Nah, venue tersebar di Kabupaten Badung 5 venue, Tabanan 1 venue, dan 32 venue tersebar ada di Kota Denpasar. dek

Komentar