nusabali

TPA Bengkala Diperluas 3 Hektare

  • www.nusabali.com-tpa-bengkala-diperluas-3-hektare
  • www.nusabali.com-tpa-bengkala-diperluas-3-hektare

Perluasan lahan TPA ini menjadi solusi kondisi TPA yang sudah overload. Perluasan juga aman dari cemaran lingkungan, karena jauh dari pemukiman.

SINGARAJA, NusaBali
Rencana perluasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bengkala, akhirnya terealisasi tahun ini. Pemkab Buleleng telah menyiapkan anggaran Rp 5,3 miliar untuk perluasan lahan TPA 3,05 hektare. 

Pemkab Buleleng telah melakukan sosialisasi soal perluasan TPA, Senin (19/6), dipimpin Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana. Hadir sejumlah dinas terkait dan juga pemilik lahan di sekitar TPA yang dibidik Pemkab Buleleng untuk diambilalih.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng I Putu Adiptha Eka Putra, Kamis (22/6), mengatakan rencana perluasan TPA ini memang sudah dirancang lama. Hanya saja beberapa tahun terkendala anggaran karena pandemi Covid-19.

“Kami sudah ketemu pemilik lahan, sudah ada kesepakatan harga. Kalau tidak di (APBD) Perubahan ya di Anggaran Induk. Estimasi kami habisnya sekitar Rp 5,3 miliar,” terang Adiptha.

Foto: Penjabat Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana berjabat tangan dengan pemilik lahan usai sosialisasi perluasan TPA Bengkala di rumah jabatan Bupati Buleleng, Senin (19/6). -LILIK

Lahan seluas 3,05 hektare berada di wilayah Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, tepat di sebelah utara dan barat TPA Bengkala. Sedangkan pemilik lahan yang berjumlah 4 orang berasal dari Desa Bengkala. Pemkab Buleleng juga telah melakukan penilaian terhadap objek yang akan dibebaskan. 

Dari nilai appraisal didapatkan dua jenis lahan. Tiga bidang lahan yang tidak memiliki akses jalan nilai appraisalnya sebesar Rp 160.000 per meter persegi. Sedangkan satu bidang lahan lainnya yang memiliki akses jalan nilai appraisalnya Rp 200.000 per meter persegi. Adiptha menyebut ke depannya Dinas PUTR akan mengusulkan pengadaan mesin pengolahan sampah yang lebih canggih ke pemerintah pusat.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buleleng Gede Melanderat dikonfirmasi terpisah, perluasan TPA merupakan satu-satunya solusi kondisi overload. TPA Bengkala dengan luasan saat ini 4,8 hektare dengan pengelolaan sampah residu sistem sanitary landfill sudah sangat penuh dengan tinggi gunung sampah mencapai 18 meter.

“Kalau tahun ini bisa ditambah 3 hektare lagi tentu solusi, paling tidak ada ruang untuk menampung sampah residu. Sehingga tidak lagi ditumpuk di gunung-gunung sampah yang memang sudah sangat riskan dan berisiko,” jelas Melanderat. 7k23

Komentar