nusabali

Kemendag Gelar Bazar Pasar Murah

  • www.nusabali.com-kemendag-gelar-bazar-pasar-murah

SINGARAJA, NusaBali - Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI menggelar bazar pasar bahan pokok murah di kawasan Eks Pelabuhan Buleleng, Kelurahan Kampung Anyar, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, Selasa (20/6) pagi. Pasar ini dihadiri langsung oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Menteri memastikan kebutuhan pangan jelang Hari Raya Idul Adha aman dengan harga stabil. Menteri Zulkifli Hasan mengatakan, sejauh ini di Kabupaten Buleleng harga kebutuhan seperti sembako masih relatif stabil. 

Namun ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan harga, meskipun tidak terlalu signifikan. "Jelang Idul Adha kami akui harga sering naik. Namun tidak terlalu signifikan. Kami juga memastikan suplai dan stok kebutuhan pokok untuk masyarakat masih aman," ujarnya.

Menteri Zulkifli Hasan mengaku telah mengecek harga kebutuhan pokok ke sejumlah daerah. "Saya keliling daerah cek harga-harga bahan pokok. Di mana pun tidak berbeda dengan daerah lain. Jangankan di Bali, bahkan di Provinsi Maluku juga sama, harga stabil dan stok aman," jelas dia.

Sejauh ini, untuk mengatasi adanya perbedaan harga pangan di masyarakat, pihaknya akan melakukan berbagai upaya. Salah satunya merencanakan akan memberikan subsidi transport, jika nantinya ditemukan lonjakan harga yang tidak terkendali. "Misalnya pengiriman bahan pokok telur,itu kan kebanyakan suplai dari Jawa, ini yang akan kami berikan subsidi," terangnya.

Sementara kegiatan pasar murah digelar untuk dapat mencukupi stok keputusan pangan pokok dan mendekatkan langsung kepada masyarakat. Dalam kegiatan itu, pihaknya juga membagikan ratusan sembako untuk masyarakat kurang mampu. "Mudah-mudahan bisa membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok seperti minyak goreng, beras, gula dan telur dengan harga pabrik," imbuhnya.

Pada pasar murah itu, pihak-pihak menyediakan 250 paket bahan pokok yang terdiri beras 5 kilogram, gula 1 kilogram dan Minyak Kita 1 liter. Total beras yang disediakan dalam pasar murah ini sebanyak 1,35 ton beras, gula sebanyak 300 kilogram, dan Minyak Kita 360 liter. Beras dijual dengan harga Rp 43.000 per 5 kilogram, gula Rp 13.500 per kilogram, dan Minyak Kita Rp 14.000 per liter.

Salah seorang warga Kampung Bugis Mariah Fajri merasa terbantu memenuhi kebutuhan pokok dengan kegiatan pasar murah yang dilaksanakan oleh Kementerian Perdagangan. "Bersyukur, bisa mendapatkan sembako murah," singkatnya.7mzk

Komentar