nusabali

Shin Tae-yong kepada Para Pemain : Nikmati Saja Laga Lawan Argentina

Shin Tae-yong kepada Para Pemain

  • www.nusabali.com-shin-tae-yong-kepada-para-pemain-nikmati-saja-laga-lawan-argentina

Jakarta, NusaBali - Maka persiapan yang terpenting dari pemain sendiri, dari hati pemain. Saya minta tolong para pemain, jangan ada yang gelisah, jangan ada yang tegang.

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong meminta para pemain asuhannya untuk menikmati laga FIFA Matchday kontra Argentina, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6) malam, pukul 20.30 Wita. Hal itu agar para pemain dapat menampilkan permainan terbaiknya saat melawan sang juara Piala Dunia 2022 itu.

Argentina sendiri mengalahkan Australia 2-0, dalam FIFA Matchday Juni  2023, yang dimainkan di China, pada Kamis (15/6) malam. Shin sendiri menyatakan akan menganalisa pertandingan tersebut agar dapat meracik strategi terbaik untuk melawan Albiceleste.

"Seperti yang kita tahu Argentina itu tim terbaik di dunia. Maka persiapan yang terpenting dari pemain sendiri, dari hati pemain. Saya minta tolong para pemain, jangan ada yang gelisah, jangan ada yang tegang," kata Shin, saat ditemui sebelum memimpin latihan tim di Lapangan latihan A, Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (16/6).

Selain itu Shin juga menyatakan, sejumlah pemain kemungkinan tidak akan dimainkan, seperti Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Pratama Arhan. Ketiga pemain tersebut saat ini sedang cedera.

Pada laga terakhir di bawah kepelatihannya, Indonesia imbang 0-0 saat menjamu Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Shin menyayangkan banyaknya peluang emas milik timnas yang gagal dikonversi menjadi gol.

Meski demikian, Shin dapat memaklumi karena para pemain baru selesai menjalani masa liburan, sehingga penguasaan dan "feeling"-nya terhadap bola sedikit menurun.

Tidak seperti latihan timnas biasanya, kali ini sekeliling lapangan dipasangi kain hitam sehingga orang di luar lapangan tidak dapat melihat proses latihan. Hal itu dinyatakan Shin untuk membantu para pemain lebih fokus dalam berlatih.

Sementara itu, pemain naturalisasi Shayne Pattynama menantikan debutnya memperkuat timnas Indonesia saat menjamu Argentina.

Shayne sendiri masuk skuad Indonesia saat lawan Palestina. Namun, pada laga tersebut Shayne jadi penghangat bangku cadangan.

“Ini sangat gila dengan para fans, akan sangat bagus. Saya sangat menantikan pengalaman yang indah dengan 80 ribu fans. Saya tidak sabar bermain untuk negara saya, akan sangat indah,” kata Shayne.

Soal tak Lionel Messi nanti, Shayne menyebut laga melawan tim Tango bukanlah pertandingan yang hanya fokus melawan Messi.

Mengingat calon lawan berpredikat sebagai juara Piala Dunia 2022 Qatar, kini Shayne dan rekan-rekannya hanya fokus untuk menampilkan permainan terbaik.

"Saya akan memberikan hati saya, memberikan segalanya untuk negara ini, karena saya bangga jadi orang Indonesia,” kata pemain kelahiran 11 Agustus 1998 itu.

Sedangkan pemain muda Rafael Struick mengaku dirinya tidak merasa gugup menjelang laga lawan juara Piala Dunia 2022, Argentina. Pemain ADO Den Haag itu lebih memfokuskan diri emperoleh kesempatan bermain dari pelatih. Selain itu, mempertimbangkan kekuatan lini serang Argentina, Struick pun meyakini timnas Indonesia akan lebih banyak dipaksa bermain bertahan.

"Tapi mungkin juga dengan beberapa serangan balik, saya harap bisa menunjukkan diri saya, fokus utama adalah bekerja keras, bertahan, dan 100 persen," kata pemain kelahiran Belanda itu. ant

Komentar