nusabali

Kaori Academy Center ‘Wisuda’ 136 Calon Pekerja Migran, Sebagian Sudah di Prancis

  • www.nusabali.com-kaori-academy-center-wisuda-136-calon-pekerja-migran-sebagian-sudah-di-prancis

GIANYAR, NusaBali.com – Berdiri sejak awal 2022, Lembaga Pelatihan Kerja Kaori Academy Center (LPK KAC) kembali melepas 136 siswa yang telah menempuh pendidikan selama tiga bulan di berbagai kota di Bali pada Sabtu (10/6/2023).

Menariknya, prosesi ‘wisuda’ yang dilangsungkan di Taman Dedari, Ubud, Kabupaten Gianyar itu tak dihadiri langsung oleh seluruh ‘wisudawan’ sebanyak 136 orang tersebut. Pasalnya pada akhir bulan Mei lalu, sejumlah lulusan LPK  KAC sudah keburu bertolak ke Prancis.

“Astungkara, 15 alumni LPK KAC sudah di Prancis, mereka sudah mendapat pekerjaan di bidang hospitality. Dan pelepasan kali ini diwakilkan oleh orangtuanya,” kata Ni Kadek Winie Kaori, Pimpinan LPK KAC ditemui di sela-sela prosesi pada Sabtu siang. 

Pemberangkatan menjadi pahlawan devisa itu sendiri berkat kerjasama dengan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran (P3MI) dan Dinas Tenaga Kerja. “Kami yang menyiapkan para siswa agar memiliki skill dan kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Tak lupa juga kesiapan mental,” tegas Kaori.

Para alumnus yang berangkat ke Prancis pada 29 Mei lalu sudah lulus dan mendapatkan visa magang selama enam bulan. Mereka adalah kandidat yang direkomendasikan untuk berangkat berdasarkan kesiapan seluruh aspek.

Sebelumnya, kata Kaori, sebanyak 7 alumnus juga sudah bertolak ke Australia. Mereka lulus visa working dan sudah menyelesaikan menempuh International English Language Testing System (IELTS) berkat gemblengan LPK KAC.
“Tujuh alumnus sudah berada di Sydney dan Melbourne berkat dukungan stakeholder, manajemen, dan pemerintah,” ujar Kaori.

Tiap siswa LPK KAC sendiri memiliki kesempatan menuju tujuh negara. Australia, Selandia Baru dan Prancis sendiri menjadi favorit.

“Kami adalah LPK general Inggris. Pilihan negara (tujuan) banyak. Satu kali pelatihan bisa pilih 7 sampai 10 tujuan negara. Tapi untuk mecapai keberhasilan tak cukup haya berbahasa Inggris yang baik, melainkan memperhatikan attitude. Upgrade your attitude, kalau jeblok rezeki kita yang turun,” pesan kaori dalam sambutan di hadapan para alumnus LPK KAC.

Hingga saat ini LPK KAC telah memiliki alumni dari tahun 2022 sebanyak 2.150 orang. Adapun ‘wisuda’ kali ini adalah peserta latih Angkatan III yag berasal dari batch Ubud (Gianyar), Dalung (Badung), Lovina (Buleleng), Negara (Jembrana), dan Karangasem.

Sementara itu untuk biaya pemberangkatan ke luar negeri, para alumnus LPK KAC  didukung penuh oleh Koperasi Sahabat Kaori Jaya bekerja sama dengan konsorsium BPR. 

“Konsorsium BPR akan mensupport mahasiswa KAC yang akan berangkat bekerja ke luar negeri,” ujar IB Ari Manuaba yang juga Dirut BPR Surya Jaya Ubud di sela-sela acara graduation.

Komentar