nusabali

SMPN 8 Singaraja Mercusuar Kecakapan Digital Guru

  • www.nusabali.com-smpn-8-singaraja-mercusuar-kecakapan-digital-guru
  • www.nusabali.com-smpn-8-singaraja-mercusuar-kecakapan-digital-guru

SINGARAJA, NusaBali - SMPN 8 Singaraja terpilih menjadi sekolah mercusuar Lighthouse School Program (LSP)  dan Program Organisasi Penggerak (POP). Program peningkatan kecakapan digital guru ini difasilitasi oleh Putera Sampoerna Foundation-School Development Outreach (PSF-SDO).

Program LSP ini telah berakhir digelar sejak Juni 2020 lalu. Sedangkan POP mandiri berlangsung sejak Juni 2021 hingga Juni 2023 ini. Setelah berakhirnya dua program peningkatan kecakapan guru ini, SMP yang berlokasi di Desa Kalibukbuk, Kecamatan/Kabupaten Buleleng ini dinyatakan mandiri sebagai sekolah mercusuar.  

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng Made Astika, Jumat (9/6), usai penandatangan kerja sama mengatakan dalam program yang berlangsung hampir 3 tahun ini dilakukan sejumlah penguatan kepada guru-guru. Sejumlah pelatihan dan workshop dilakukan untuk meningkatkan kecakapan digital guru di SMPN 8 Singaraja.

“Program ini sebagai langkah untuk mengakselerasi kecakapan digital guru di Indonesia dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka,” ucap Astika.


Dia pun berharap program ini  dapat memfasilitasi keterampilan dan potensi guru dalam merancang pembelajaran yang inovatif. Salah satunya melalui pengembangan ajar berbasis digital serta berbagi praktik baik implementasi Kurikulum Merdeka.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan piagam dan Piala Gema Nasional Pendidikan Inovatif (Ganapati) 2023 yang memperebutkan trofi Bupati Buleleng. Sebelumnya guru-guru di Buleleng ditantang untuk berkontribusi terhadap inovasi dan memberikan praktik pembelajaran Kurikulum Merdeka. Guru-guru terbaik yang telah dinilai berhasil berinovasi diberikan penghargaan dari Disdikpora Buleleng.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Gede Suyasa, mengingatkan spirit pendidikan Buleleng harus tetap kokoh sama seperti perjuangan pendirian SMPN 8 Singaraja. Pemerintah siap hadir terdepan untuk memberikan hak pendidikan menyeluruh kepada seluruh masyarakat Buleleng.

“Pemerintah Kabupaten Buleleng akan terus melakukan pendampingan dan memotivasi para guru untuk  saling memberikan vibrasi positif, saling membantu untuk maju dengan mengedepankan pendidikan karakter di Buleleng ini,” tegas Suyasa. 7k23

Komentar