nusabali

Gong Kebyar Tabanan Dibina Provinsi Bali

  • www.nusabali.com-gong-kebyar-tabanan-dibina-provinsi-bali

TABANAN, NusaBali - Persiapan PKB XLV Tahun 2023, Sekaa Gong Kebyar Duta Tabanan mengikuti pembinaan dari tim kurator Provinsi Bali, Senin (29/5). Kegiatan di Gedung Kesenian I Ketut Maria ini dihadiri Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya.

Selain Bupati Sanjaya, sebagai bentuk dukungan moril pembinaan juga dihadiri oleh Sekda Tabanan Gede Susila dan sejumlah pejabat di Tabanan. Gong Kebyar yang dibina ini langsung tiga barung terdiri dari gong kebyar wanita, anak-anak dan dewasa. 

Bupati Sanjaya, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas berbagai upaya dan inovasi yang telah dilakukan untuk melaksanakan Pesta Kesenian Bali yang lebih baik, dinamis dan memiliki nilai tersendiri. 

“Kita menyadari, masyarakat manapun di dunia ini tidak akan pernah maju tanpa budaya. Karena itu, sekali lagi saya katakan baik secara pribadi maupun pemerintah, Kabupaten Tabanan tetap berkomitmen untuk mendukung pelestarian budaya ini," tegasnya. 


Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Tabanan I Made Yudiana, mengatakan pelaksanaan PKB kali ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, khususnya untuk parade gong kebyar yang akan ditampilkan bersamaan, antara gong kebyar anak-anak, gong kebyar wanita dan gong kebyar dewasa. 

“Dari tiga gong kebyar tersebut, diwajibkan membuat garapan kolaborasi. Oleh karenanya, para komposer dan koreografer dituntut untuk bisa dan cermat, dalam memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh provinsi, maka pada hari ini (kemarin) kami laporkan akan dilaksanaakan pembinaan dan arahan dari tim pembinaan Provinsi Bali," tandasnya. 

Sementara itu Gong Kebyar dibina ini adalah Gong Kebyar Dewasa dari Sekaa Gong Giri Kusuma Desa Senganan Penebel. Yang kedua dari Gong Kebyar Wanita yaitu Sekaa Gong Manik Kencana Putri dari Desa Marga Dauh Puri, Marga. Serta Gong Kebyar anak-anak dari Sanggar Seni Natya Praja Desa Bajra, Kecamatan Selemadeg. 7des

Komentar