nusabali

Maria Londa All Out di Nomor Lompat Jauh

  • www.nusabali.com-maria-londa-all-out-di-nomor-lompat-jauh

MANGUPURA, NusaBali - Atlet atletik andalan Bali, Maria Natalia Londa, bakal tampil all out pada nomor lompat jauh di ajang SEA Games 2023 di Morodok Techo National Stadium, Rabu (10/5).

Lompat jauh menjadi nomor andalan atlet asal Badung itu untuk dapat mengibarkan bendera merah putih setelah di nomor lompat jangkit hanya mampu meraih medali perak pada Senin (8/5) sore. 

“Sebenarnya (Maria Londa) telah mampu meningkatkan capaian prestasi dibandingkan saat tampil di ajang SEA Games 2021 di Vietnam yang hanya kebagian medali perunggu,” kata I Made Sukariata, pelatih yang juga suami Maria Londa,  Selasa (9/5).

Lompatan Maria Londa sudah meningkat dibandingkan saat tampil di ajang SEA Games Vietnam. Jika di Vietnam mencatat 13,42 meter, maka di Kamboja menjadi 13,50 meter. "Peraih medali emas Parinya Chuaimaroeng dari Thailand mencatat lompatan 13,60 meter,  jadi terpaut tidak begitu jauh," tegas Sukariata. 

Pria asal Banjar Kaja, Desa Jungutbatu, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung ini berharap di nomor lompat jauh bisa menjadi yang terbaik sekaligus memberikan medali emas untuk Kontingen Indonesia. "Meskipun di nomor lompat jangkit tidak sesuai target, harapan nanti bisa kita wujudkan di nomor lompat jauh," harap Sukariata. 

Sementara itu Ketum Pengprov PASI Bali, Wayan Mudana tetap merasa bangga bersyukur dan bangga atas capaian prestasi Maria Natalia, terlepas belum mampu meraih medali emas. 

Mudana yang juga mantan atlet atletik itu mengakui apa yang diraih Maria Londa sudah melalui perjuangan yang sangat luar biasa, semua itu tidak lepas perkembangan dari atlet negara lain dengan dengan selisih yang terpaut tidak begitu jauh. 

"Maria Londa itu sekarang umur sudah senior, masuk kepala 3, tetapi prestasinya masih sangat bagus. Semua itu karena mampu menjaga kondisi dan ritme latihan dengan baik selama di Pelatnas," tutur Mudana. 

Mudana yang juga Perbekel Desa Kutuh Badung, menyatakan jika capaian ini sudah cukup maksimal. Namun faktor umur tetap mempengaruhi sebagai seorang atlet yang kini memasuki usia 33 tahun. 

Maria Londa merupakan atlet kelahiran 29 Oktober 1990 yang kini tinggal di Banjar Belulang, Desa Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. 

Dia berharap di nomor lompat jauh agar berusaha untuk dapat medali emas bagi Kontingen Indonesia. Dengan harapan Tuhan Yang Maha Kuasa menyertai perjuangan Maria Natalia Londa di nomor lompat jauh. "Semoga hasilnya yang terbaik di nomor lompat jauh," harap Mudana. 7dek

Komentar