nusabali

UMKM Unggulan Denpasar Ramaikan Pasar Rakyat ‘Berbelanja dan Berbagi’

  • www.nusabali.com-umkm-unggulan-denpasar-ramaikan-pasar-rakyat-berbelanja-dan-berbagi

DENPASAR, NusaBali - Kota Denpasar kembali didapuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pasar Rakyat ‘Berbelanja dan Berbagi’ di area Lapangan Puputan Badung, Denpasar, Jumat (5/5). Gelaran pasar rakyat ini diinisiasi oleh Tim Penggerak PKK (TP PKK) Provinsi Bali bersinergi dengan TP PKK Kota Denpasar, yang diikuti 52 penggiat IKM Denpasar.

Pasar rakyat tersebut dihadiri Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara, Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Suastini Koster, Ketua TP PKK Denpasar sekaligus Ketua Dekranasda Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari. 

Ragam kuliner khas serta produk kerajinan Kota Denpasar dihadirkan di sini. Bahkan salah satu penggiat UMKM merupakan seorang difabel yang turut memasarkan produk dupa miliknya. 

Walikota Jaya Negara menyebutkan selain sektor pariwisata, Kota Denpasar kini tengah berupaya mengatrol sektor UMKM melalui berbagai event yang digelar. 

“Kota Denpasar merupakan kota berbasis budaya dan kreatifitas. Sehingga, harapan kita, selain bidang pariwisata, sektor UMKM juga bisa menjadi penyeimbang dan penyokong perekonomian. Selain di pasar rakyat seperti ini, Pemkot Denpasar juga kerap memberikan ruang pada UMKM di kegiatan operasi pasar ataupun bazar pangan dan event lainnya, seperti Kesanga Festival dan Denpasar Festival,” kata Walikota Jaya Negara. 

Ny Antari Jaya Negara mengemukakan gelaran pasar rakyat ini merupakan bentuk sinergitas TP PKK Provinsi Bali dengan TP PKK Kota Denpasar, yang berbasis aksi sosial dan penguatan perekonomian keluarga.

“Pasar rakyat yang digagas oleh Ibu Putri Suastini Koster selaku Ketua TP PKK Provinsi Bali telah banyak memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk kembali bangkit secara ekonomi. Dengan berbasis aksi sosial dan penguatan ekonomi keluarga, kegiatan ini banyak memberi manfaat bagi masyarakat kami. Untuk itu, terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan pada kami,” ujar Ny Antari Jaya Negara. 

Ditambahkannya, dengan semangat gotong royong pihaknya juga melibatkan peran OPD terkait agar kegiatan pasar rakyat ini dapat berjalan lancar. 

Ny Putri Koster menyampaikan bahwasannya aksi sosial PKK yang dikemas dalam bentuk ‘pasar rakyat’, sengaja digagas untuk membantu masyarakat saat masa pandemi Covid-19. Dan hingga kini pelaksanaannya terus dilakukan secara bergilir di seluruh kabupaten/kota se-Bali. 

“Aksi sosial yang dilaksanakan setiap bulan ini merupakan salah satu wujud sinergitas antara TP PKK Provinsi Bali dengan TP PKK kabupaten/kota se-Bali. Dalam kegiatan ini tidak hanya TP PKK provinsi yang berbelanja dan berbagi dengan masyarakat, tetapi juga TP PKK kabupaten/kota juga kami libatkan, untuk kemudian hasil belanjaan akan dibagikan kepada masyarakat setempat yang membutuhkan,” ujar Ny Putri Koster. 

Dia menegaskan, kegiatan ini sengaja diupayakan agar memberi kesempatan bagi seluruh anggota PKK untuk dapat bertatap muka dengan masyarakat serta dengan para pelaku UMKM.

Pada kesempatan itu juga dibagikan paket bantuan berisi sembako kepada 100 orang warga dari 4 kecamatan di Denpasar. Tidak hanya itu, para warga tersebut, juga menerima paket bantuan berupa sayuran yang diberikan oleh Dinas Pertanian Kota Denpasar. @ mis

Komentar