nusabali

Dermaga Beratan Tak Kunjung Dihibahkan

  • www.nusabali.com-dermaga-beratan-tak-kunjung-dihibahkan

TABANAN, NusaBali - Pemkab Tabanan tak kunjung menerima hibah Dermaga Beratan yang ada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan. Padahal bangunan tersebut telah rampung pada tahun 2022.

Kepala Dinas Perhubungan Tabanan, I Made Murdika mengatakan belum dilakukan serah terima antara pusat dengan Pemkab Tananan. Dan belum lama ini permohonan hibah sudah masuk. "Kami sedang menunggu jawaban pusat (Kemenhub)," ujar Murdika, Senin (1/5). 

Sebelumnya Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya menyebutkan jika sudah dihibahkan ke Pemkab Tabanan pengelolaan dermaga dilakukan badan. Pembentukan badan untuk memaksimalkan pengelolaan karena di kawasan tersebut sangat  berpotensi dikembangkan wisata air. 

Bahkan dalam mengkonsep dermaga itu BRIDA (Badan Riset dan Inovasi Daerah) diminta untuk mengkaji. "Nanti akan dibentuk badan, agar wisata air menjadi bagus tidak liar. Bahkan BRIDA akan memberikan kajian," tegas Bupati Sanjaya belum lama ini. 

Untuk diketahui dermaga ini sudah dikerjakan sejak tahun 2018. Lamanya proses rampung disebutkan karena anggaran dari APBN yang berproses. Bahkan sempat terkendala karena pandemi Covid-19. Karena itu proyek ini sempat dipertanyakan dan dicek pihak kepolisian.

Proses pembangunan memerlukan waktu lama memang bagian sisi timur atau sisi danau karena harus membuat pondasi atau pemancang. Selain itu konsep pembangunan dermaga tak hanya untuk dermaga saja, tetapi ada stand untuk pementasan kesenian. 

Anggaran dialokasikan sekitar Rp 34 miliar bersumber dari APBN. Anggaran paling banyak keluar itu dari tahun 2018 hingga 2020 itu.  Sementara untuk bagian darat dan sisi danau sekitar Rp 8 miliar. 7des

Komentar