nusabali

BPBD Klungkung Gelar Simulasi Gempa Bumi

  • www.nusabali.com-bpbd-klungkung-gelar-simulasi-gempa-bumi

SEMARAPURA, NusaBali - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung bersama instansi terkait menggelar simulasi tanggap bencana gempa bumi di Kantor Bupati Klungkung, Rabu (26/4) pagi.

Dalam simulasi ini, pegawai Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) berhamburan keluar ruangan untuk menyelamatkan diri. Di tengah kepanikan, 8 orang mengalami luka-luka. Para korban langsung dievakuasi dan mendapat penanganan medis.

Jabatan Fungsional Penata Penanggulangan Ahli Muda BPBD Klungkung, I Made Syantara, mengatakan dalam simulasi ini BPBD bersinergi dengan Polri, TNI, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, PMI, dan stakeholder terkait. “Simulasi ini dalam rangka peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2023,” ujar Syantara didampingi Kasat Samapta Polres Klungkung Iptu Gusti Made Mahendra dan Danramil Dawan Kapten Ketut Sudiarta.


Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan, simulasi ini merupakan usaha mengurangi kerugian dampak bencana. Kabupaten Klungkung berdekatan dengan lempengan-lempengan permukaan tanah yang pergerakannya sewaktu-waktu dapat menyebabkan terjadinya bencana alam. Salah satunya gempa bumi. 

“Terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu simulasi ini sehingga berjalan lancar. Semoga melalui simulasi ini kita dapat meminimalisir jatuhnya korban di wilayah Kabupaten Klungkung pada saat terjadi bencana,” harap Bupati Suwirta. 7 wan

Komentar