nusabali

SMK se-Karangasem Siap Beradu FLS2N

  • www.nusabali.com-smk-se-karangasem-siap-beradu-fls2n

AMLAPURA, NusaBali - SMK negeri dan SMK swasta se-Karangasem bersiap ambil bagian dalam FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) Tingkat Kabupaten Karangasem 2023. Seleksi dilaksanakan di SMKN 1 Amlapura, Jumat (28/4), untuk menetapkan wakil Karangasem ke FLS2N Tingkat Provinsi Bali.

Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMKN Karangasem Jro Wayan Artana mengkoordinasikan persiapan FLS2N itu di Ruang Perpustakaan SMKN 1 Amlapura, Lingkungan Padangkerta Kelod, Kelurahan Padangkerta, Kecamatan Karangasem, Rabu (19/4). Nomor-nomor lomba nanti, menurut Jro Wayan Artana, yakni nyanyi solo, gitar solo, film pendek, monolog, cipta lagu, dan seni kriya.

"Mari sama-sama melakukan persiapan optimal untuk memilih wakil Karangasem yang terbaik, agar nantinya mampu bersaing di tingkat Provinsi Bali. Paling tidak agar Karangasem masuk perhitungan," pintanya.

Jro Wayan Artana yang juga Kasek SMAN 1 Amlapura, mengatakan sekolahnya akan ikut seleksi nyanyi solo, gitar solo, dan film pendek. "Jika nantinya yang ikut ambil bagian di setiap nomor, hanya dua peserta, ya langsung lolos sebagai wakil Karangasem," jelasnya.

Sedapat mungkin, katanya  agar mampu meloloskan siswa ke nasional. "Makanya mari kita melakukan pembinaan seoptimal mungkin, mengoptimalkan bakat siswa," tambahnya.

Kasek SMK Nusa Dua Toya Anyar Kecamatan Kubu I Gede Putu Suardana mengaku hanya ambil bagian di nomor nyanyi solo dan seni kriya. "Sebab siswa hanya berbakat di nomor itu," jelas I Gede Putu Suardana.

Paling tidak, katanya, agar siswa yang berbakat berani tampil. Terlebih dahulu melakukan seleksi di tingkat sekolah, selanjutnya pembinaan, sebelum FLS2N Tingkat Kabupaten Karangasem.

Berbeda dengan SMK PGRI Amlapura. Menurut Kasek I Ketut Sutarsa, hanya akan mengikuti nomor film pendek saja. "Belakangan ini kami kesulitan guru pembina, mudah-mudahan siswanya bersemangat ikut lomba," katanya. Sebab, guru yang potensial, telah pindah ke sekolah negeri, setelah statusnya jadi guru PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Kasek SMKN 2 Kubu I Made Agung Ariyasa mengaku hanya ikut lomba nomor nyanyi solo. "Saya mencoba ambil bagian di satu nomor, nyanyi solo. Sebab, bakat siswa hanya di nomor itu," jelas l Ketua Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Karangasem ini.

Teranyak mengikuti lomba SMAN Bebandem. Mmenurut Kasek I Wayan Darmayasa, nantinya menyertakan siswanya di lomba nyanyi solo, gitar solo, monolog, dan film pendek.7k16

Komentar