nusabali

E-Parkir Pasar Anyar Berjalan Baik

  • www.nusabali.com-e-parkir-pasar-anyar-berjalan-baik

SINGARAJA, NusaBali
Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng memantau pelayanan petugas e-Parkir di Jalan Durian, Pasar Anyar Kota Singaraja pasca diresmikan pada bulan Maret lalu.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buleleng Gede Gunawan Adnyana Putra mengatakan, hasil dari pelaksanaan pemantauan pelayanan sudah dinilai baik.  Mulai dari operator yang sudah bisa mengoperasikan dan mengakses komputer pada sistem.

"Ke depannya evaluasi dan perbaikan rutin akan konsisten dilaksanakan. Untuk operator terdiri dari 24 orang yang dibagi menjadi 4 shift artinya pada masing-masing berjumlah 6 orang," kata Gunawan, Kamis (13/4).

Sementara dari sisi penggunaan perangkat, ditemukan kertas parkir yang belum disediakan. Kertas tersebut dipergunakan untuk proses scan keperluan transaksi.  Lantaran kertas belum ada, pihaknya mengunakan alternatif lain dengan menekan tombol ‘Silakan Masuk’ di mesin e-Parkir.

Pada saat akan memasuki area Pasar Anyar dan akan keluar pasar, nomor plat kendaraan akan diinput ke komputer melalui hasil perekaman video. "Jadi plat motor akan di-input. Kemudian selanjutnya dilakukan transaksi," imbuhnya

Gunawan menyebutkan, pemerintah juga akan merencanakan tapping e-Parkir. Dimana masyarakat dapat membeli kartu ini di Bank BPD Bali atau Loket e-Parkir. Harganya mulai dari Rp 25.000 berisi 25 poin.

Gunawan berharap, dengan efektivitas manajemen pelayanan parkir ini dapat meminimalisir adanya kebocoran dan meningkatkan transparansi secara periodik sehingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa meningkat. "Otomatis memberikan kesadaran kepada masyarakat agar beralih ke transaksi non tunai," tutup dia. *mz

Komentar