nusabali

Wabup Kasta Hadiri Karya Ngenteg Linggih di Banyuwangi

  • www.nusabali.com-wabup-kasta-hadiri-karya-ngenteg-linggih-di-banyuwangi

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menghadiri undangan karya Mlaspas dan Ngenteg Linggih di Pura Candi Merak Marga Mukti, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Banyuwangi, Jawa Timur. 

SEMARAPURA, NusaBali
Puncak karya pada Purnama Sasih Sadha, Jumat (9/6). Kedatangan Wabup Kasta didampingi Kabag Kesra Setda Kabupaten Klungkung Wayan Winata dan Wakil Ketua TP PKK Klungkung, Ny Sri Kasta. Mereka disambut Ketua PHDI Kabupaten Banyuwangi, Suminto, tokoh masyarakat serta pangempon pura. Wabup Kasta ikut ngayah magambel, mengiringi Tari Topeng bersama pengayah lain. 

Wabup Made Kasta mengapresiasi semangat krama/umat sedharma di Desa Barurejo dalam mayadnya. Wabup berharap, melalui upacara ini warga senantiasa menjaga keharmonisan dan kerukunan. "Semoga upacara ini dapat berjalan lancar dan labda karya," ujar Wabup Kasta. 

Sesepuh Pura Candi Merak Marga Mukti, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Banyuwangi, Bambang Mispan menyampaikan, Karya Mlaspas dan Ngenteg Linggih yang dilaksanakan ini serangkaian rampungnya pembangunan sejumlah palinggih di pura setempat. Menurut Bambang Mispan, upacara ini untuk menyucikan kembali bangunan palinggih dan lingkungan pura. "Selain bangunan pura, umat juga perlu disucikan," ujarnya. 

Lebih lanjut disampaikan, pura ini diempon sekitar 114 kepala keluarga (KK), dibangun dengan swadaya warga serta bantuan dari para donatur. Pura ini mengalami perkembangan sekitar tahun 1966. Diharapkan, setelah upacara ini, umat senantiasa mendapat tuntunan dari Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sang Hyang Widhi Wasa serta peningkatan perekonomian bagi warga khususnya umat Hindu di Desa Barurejo. 

Selain itu, Bambang Mispan berharap ke depannya bisa didirikan sebuah koperasi dan pasraman bagi warga khusunya anak-anak sekolah. "Mudah-mudahan Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan pikiran yang baik dari segala penjuru," harapnya. 

Karya tersebut dipuput Ida Pandita Mpu Nabe Sandhi Kerta Yasa dari Griya Anom Sari, Desa/Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi dan Ida Pandita Mpu Nabe Reka Dharmika Sandhiyasa dari Griya Kerta Sari, Banjar Kayu Mas Kaja, Denpasar. Upacara diakhiri dengan persembahyangan bersama serta ngaturang punia oleh Wabup Kasta. *wa

Komentar