nusabali

Eedan Karya Panca Wali Krama di Kantor Bupati Tabanan: Bupati Sanjaya Mendak Ida Bhatara Tirta

  • www.nusabali.com-eedan-karya-panca-wali-krama-di-kantor-bupati-tabanan-bupati-sanjaya-mendak-ida-bhatara-tirta
  • www.nusabali.com-eedan-karya-panca-wali-krama-di-kantor-bupati-tabanan-bupati-sanjaya-mendak-ida-bhatara-tirta

TABANAN, NusaBali.com - Melanjutkan rangkaian Karya Agung Panca Wali Krama dan Ngenteg Linggih di Kantor Bupati Tabanan, Bupati I Komang Gede Sanjaya bersama jajaran dan pemangku serta prawartaka karya, endak Ida Bhatara Tirta di Pura Puseh Desa lan Bale Agung Desa Pakraman Kota Tabanan, Rabu (20/12/2023).

Didampingi oleh Sekda, jajaran OPD dan kepala bagian di lingkungan Setda serta camat dan ASN di lingkungan Pemkab Tabanan, mengikuti serangkaian upacara yang bermula dari Mendak Ida Bhatara Tirta, dari Pura Pucak Kedaton untuk dilinggihkan di Pura Puseh Desa lan Bale Agung Desa Pakraman Kota Tabanan. 

Bupati Sanjaya memberikan apresiasi bagi prawartaka karya, dan mengimbau agar semangat gotong royong dalam pelaksanaan Karya Agung Ngenteg Linggih Panca Wali Krama yang puncaknya pada 27 Desember mendatang ini bisa berlangsung dengan baik dan lancar.


Tiada hentinya juga Bupati Sanjaya kembali mengajak seluruh elemen untuk merenungkan makna ngenteg linggih dalam rangkaian Karya Agung Panca Wali Krama ini sebagai ungkapan terima kasih dan puji syukur kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. 

"Kami harap seluruh elemen Pemerintah Kabupaten Tabanan agar tulus, khusuk serta memahami filosofi dari setiap upacara, sehingga setiap yadnya yang dilakukan menjadi lebih bermakna," pesannya. 

Keseluruhan rangkaian karya akan berakhir pada Buda Wage Warigadian 7 Februari 2024 dengan melaksanakan prosesi upacara tutug bulan pitung dina. Dimana pelaksanaan karya ini sebagai bentuk yadnya yang bertujuan untuk mengukuhkan kembali kedudukan atau linggih Niyasa tempat suci sebagai pemujaan Ida Sang Hyang Widi.

Bupati Sanjaya juga berharap ritual suci yang diselenggarakan dapat mewujudkan kesejahteraan di Kabupaten Tabanan. Usai kegiatan Mendak Tirta ini, para pengayah dan prawartaka akan makemit di Pura Puseh, kemudian Kamis (21/12),  diadakan upacara Nedunang Ida Bhatara di Padmasana Kantor Bupati, padmasana rumah jabatan, dan palinggih-palinggih lainnya serta Mendak Siwi di Pura Puseh Desa Pakraman Kota Tabanan. *des

Komentar