nusabali

Ny Sagung Antari Paparkan Sistem Pendidikan PAUD di Kota Denpasar

Terima Kunjungan Bunda PAUD Kota Bandung

  • www.nusabali.com-ny-sagung-antari-paparkan-sistem-pendidikan-paud-di-kota-denpasar

DENPASAR, NusaBali
Bunda PAUD Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara memaparkan sistem pendidikan anak usia dini kepada rombongan tamu dari Kota Bandung yang dipimpin Bunda PAUD Kota Bandung Dra Hj Yunimar Mulyana, Rabu (22/2), di Aula SPNF SKB Kota Denpasar.

Yunimar Mulyana mengatakan, penerapan sistem pendidikan PAUD Kota Denpasar sangat bagus, karena itu pihaknya ingin belajar. Tidak hanya itu, pihaknya juga ingin mengetahui implementasi tentang wajib PAUD satu tahun sebelum masuk sekolah dasar. Apakah ada sistem pengawasan atau kolaborasi dengan OPD terkait. “Hasil dari kunjungan ini kami berharap bisa diterapkan di Kota Bandung,” kata Yunimar Mulyana.

Ny Antari Jaya Negara mengemukakan, Kota Denpasar yang terdiri dari 4 kecamatan dan 43 desa/kelurahan. PAUD telah tersebar di semua desa/kelurahan, sehingga program 1 desa satu PAUD telah terpenuhi.

Dikatakannya, satuan PAUD aktif di Kota Denpasar meliputi TK sebanyak 298 lembaga, kelompok bermain (KB) 49 lembaga, taman penitipan anak (TPA) 20, dan SPS (satuan PAUD sejenis) 3 lembaga.

Sementara dari jumlah satuan pendidikan yang ada di Kota Denpasar, sebanyak 3 satuan pendidikan TK lulus mengikuti program sekolah penggerak angkatan 1, kemudian 10 satuan PAUD lulus program sekolah penggerak (PSP) angkatan kedua, dan 7 satuan PAUD lulus PSP angkatan ketiga. Saat ini seluruh satuan PAUD PSP sedang berproses untuk meningkatkan kualitas lembaga dengan berbagai intervensi yang diberikan pemerintah.

“Sementara itu 211 PAUD di Kota Denpasar sudah mengikuti implementasi kurikulum merdeka (IKM), dan sebagian lagi sedang berproses melakukan pendaftaran IKM,” ujar Ny Antari Jaya Negara.

Ny Antari Jaya Negara menambahkan sejak dikukuhkan, Pokja Bunda PAUD Kota Denpasar telah melakukan berbagai kegiatan di antaranya, pengukuhan Bunda PAUD kecamatan/desa/kelurahan. Bimtek bagi Bunda PAUD kecamatan dan desa/kelurahan se–Kota Denpasar.

Pembentukan Pokja Bunda PAUD tingkat kecamatan/dan desa/ kelurahan, bimtek lingkungan belajar berkualitas, diklat dasar berjenjang PAUD  pencegahan stunting.

Terkait PAUD HI (holistik integratif), Ny Antari Jaya Negara telah melakukan pembinaan kepada 12 PAUD yang tersebar di 4 kecamatan untuk dapat menjadi acuan standar penyelenggaraan. Seluruh Pokja Bunda PAUD se–Kota Denpasar saling berkolaborasi dalam rangka mewujudkan PAUD berkualitas. *bin

Komentar