nusabali

Spot Tulisan ‘Pantai Jerman’ Hilang, Kemana Perginya?

  • www.nusabali.com-spot-tulisan-pantai-jerman-hilang-kemana-perginya

MANGUPURA, NusaBali.com – Beberapa hari lalu, wisatawan lokal dan pengunjung Pantai Jerman dibuat bertanya-tanya kemana hilangnya tulisan Pantai Jerman. Pasalnya, tulisan tersebut menjadi ikonnya pantai yang berada di dekat Bandara I Gusti Ngurah Rai, kabupaten badung, untuk spot foto para wisatawan.

Bukan hilang tanpa sebab apalagi akan berganti nama. Kelian Banjar Segara, Desa Adat Kuta, I Ketut Werka menerangkan hilangnya nama Pantai Jerman dikarenakan angin kencang pada Minggu (5/2/2023) dini hari silam. 

Tulisan Pantai Jerman yang telah dibangun sejak tahun 2019 silam akhirnya rusak karena tiupan angin kencang. Sehingga membuat kurang lebih 3 huruf Pantai Jerman roboh dan rangka huruf tersebut hancur. Sedangkan huruf lainnya tidak dapat berdiri tegak lagi alias miring.

“Tulisan itu adalah ikonnya Pantai Jerman. Karena tidak bisa lagi dibenarkan tulisannya, kita akali untuk kita cabut saja semua,” ujar Ketut Werka saat ditemui di Pantai Jerman pada Rabu (15/2/2023) siang.

Ia menerangkan, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung untuk segera melepas tulisan Pantai Jerman yang telah rusak. Sehingga pada Selasa (7/2/2023) pihaknya telah melakukan pembersihan di sekitar lokasi.

“Kita juga sudah koordinasikan kepada Dinas PUPR Badung untuk segera dibuatkan yang baru dan lebih kuat. Kalau tidak salah nanti akan dibuatkan tulisan dari bahan batu alam supaya lebih tahan lama. Karena para pengunjung yang ke sini juga menanyakan hal itu,” tuturnya.
Soal kapan pelaksanaan pembangunan tulisan Pantai Jerman yang baru, kata Ketut Werka, pihaknya belum mendapatkan kepastian. Hanya saja respons dari Dinas PUPR telah menerima masukan tersebut.

“Tetapi mungkin setelah ini akan kita konfirmasikan sejelas-jelasnya kepada Dinas PUPR, semoga pembangunannya tidak lama karena ini adalah ikon Pantai Jerman. Sebisa mungkin harapan kita mudah-mudahan bulan Maret sudah rampung. Yang jelas akan kita push secepatnya agar ini cepat terealisasi,” harap Ketut Werka.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung Ida Bagus Surya Suamba menerangkan segera mungkin pihaknya akan melakukan pembenahan tulisan Pantai Jerman. Namun, disinggung soal target kapan akan terselesaikan, pihaknya menerangkan tidak memiliki target.

“Iya, kita sedang programkan untuk pemasangan tulisan Pantai Jerman yang baru, karena yang lama sudah rusak. Segera akan dilakukan pemasangan, target selesainya kapan, tidak ada,” pungkasnya. *ris






Komentar