nusabali

Putus Rantai Penyebaran DB, Pemkot Gencar Lakukan Pembasmian Jentik

  • www.nusabali.com-putus-rantai-penyebaran-db-pemkot-gencar-lakukan-pembasmian-jentik

DENPASAR, NusaBali
Dinas Kesehatan Kota Denpasar melalui Puskesmas III Denpasar Selatan bersama koordinator dan kader juru pemantau jentik (jumantik) melakukan pemantauan jentik dan penyelidikan epidemiologi (PE) di wilayah Banjar Kawan, Kelurahan Serangan, Denpasar Selatan, Minggu (22/1).

Pemantauan jentik dan PE ini dilakukan untuk menindaklanjuti laporan warga yang mengalami demam dan opname di salah satu rumah sakit.

Kepala UPTD Puskesmas III Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Selatan  drg Putu Judy Satyawati Sudarmo, mengatakan PE ini dilakukan pada radius 100 meter dari rumah penderita. Hal ini dilakukan untuk memutus perkembangan nyamuk penyebab demam berdarah khususnya di musim penghujan seperti saat ini.

Dari hasil pemantauan tersebut masih didapati jentik nyamuk di beberapa tempat, seperti bak penyimpanan air, pot bunga, hingga selokan. Dengan kondisi tersebut masyarakat diminta untuk waspada terkait penyebaran demam berdarah yang sedang meningkat akhir-akhir ini.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk aktif menjadi jumantik mandiri dengan menjaga kebersihan, melakukan 3M plus, menutup tempat penampungan air agar tidak ada jentik nyamuk yang berkembang biak, menguras penampungan air/bak mandi secara rutin. Selain itu mencegah adanya genangan air di sekitar rumah juga sangat penting.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak menggantung pakaian terlalu lama yang berpotensi menjadi sarang nyamuk,” tandasnya. *mis

Komentar