nusabali

Fasilitas di Mangupura Vet Care Bakal Ditambah

  • www.nusabali.com-fasilitas-di-mangupura-vet-care-bakal-ditambah

MANGUPURA, NusaBali
Mangupura Vet Care di Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung akan ditambah fasilitasnya tahun ini.

Tak hanya itu, sejumlah obat-obatan juga akan dilengkapi agar berfungsi seperti klinik kesehatan hewan, sehingga dapat membantu masyarakat dalam memeriksakan hewan peliharaan.

Kepala Dinas Pertananian dan Pangan (Diperpa) Badung I Wayan Wijana, Senin (16/1), mengatakan keberadaan Mangupura Vet Care sejak awal diniatkan untuk membantu masyarakat dalam merawat kesehatan hewan peliharaannya. Terlebih Badung sebagai tujuan wisata.

“Jadi program Mangupura Vet Care tetap kita laksanakan untuk membantu masyarakat dalam pemeriksaan hewan peliharaan,” ujar Wijana.

Wijana menyebut, telah menyiapkan dua dokter hewan dibantu mahasiswa dari Falkutas Kesehatan Hewan (FKH) Unud untuk melayani masyarakat di Mangupura Vet Care. Pelayanan kesehatan hewan Mangupura Vet Care, saat ini memang masih memanfaatkan salah satu ruangan di kantor Diperpa Badung, sehingga pelayanan menyesuaikan jam kantor. “Mangupura Vet Care mendapat respon positif dari masyarakat. Rata-rata dua hingga tiga orang setiap harinya datang ke sini,” kata mantan Kabag Organisasi dan Tata Laksana Setda Badung ini.

Lanjut dikatakan, secara umum pelayanan yang diberikan kepada masyarakat masih terbatas pada konsultasi kesehatan hewan, vaksinasi, dan pengobatan. “Ke depan jika anggaran memungkinkan dan masyarakat ramai yang datang, kita akan terus melengkapi peralatan dan obat-obatan yang diperlukan, agar bisa memberikan layanan seperti layaknya klinik hewan,” kata Wijana.

Selama ini sebagian besar masyarakat yang datang membawa hewan peliharaan untuk mendapatkan vaksinasi rabies. “Tentu ini kami apresiasi, artinya masyarakat semakin sadar pentingnya kesehatan hewan peliharaan. Ini juga sejalan dengan keinginan pemerintah agar tidak ada binatang yang membahayakan wisatawan ada di Badung,” tegas Wijana.

“Kami ingin tidak ada binatang yang membahayakan seperti anjing rabies, yang sangat mengganggu wisatawan maupun masyarakat,” imbuh Wijana sembari mengimbau agar binatang peliharaan seperti anjing tidak dilepasliarkan begitu saja. *ind

Komentar