nusabali

Amankan Nataru, Polres Jembrana Gelar Pasukan

  • www.nusabali.com-amankan-nataru-polres-jembrana-gelar-pasukan

Pemeriksaan barang, orang dan kendaraan tetap dilakukan untuk antisipasi gangguan keamanan. Begitu juga pemeriksaan vaksinasi Covid-19 untuk syarat pelaku perjalanan, tetap dilaksanakan.

NEGARA, NusaBali
Polres Jembrana menggelar apel gelar pasukan Operasi Lilin Agung di Mapolres Jembrana, Jalan Pahlawan, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Kamis (22/12). Dalam operasi serangkaian pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 ini,  Polres Jembrana mengerahkan  166 personel.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana usai apel mengatakan, operasi Lilin Agung ini akan dilaksanakan selama 11 hari mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023. Selain Polri, dalam operasi ini juga melibatkan sejumlah unsur terkait. "Yang mengikuti operasi khusus dari Polri sebanyak 166 personel. Kemudian ada dari TNI, Perhubungan, dan sejumlah petugas lainnya yang akan libatkan masuk ke semua Pospam (Pos Pengamanan) yang kita siapkan," ujar AKBP Juliana.

Jumlah Pos Pengamanan yang disiapkan di Jembrana, kata AKBP Juliana, ada sebanyak 5 Pos. Selain 5 Pos Pengamanan di sepanjang Jalan Umum Denpasar-Gilimanuk, juga disiapkan Pos Pelayanan yang pusatkan di Pelabuhan Gilimanuk. "Selian fokus di Gilimanuk, kita juga lakukan pengamanan di sejumlah objek vital lainnya. Seperti di gereja, termasuk pengamanan perayaan malam tahun baru yang nantinya akan dipusatkan di Sirkuit All in One Pengambengan," ujar AKBP Juliana.

Dalam masa liburan Nataru tahun ini, AKBP Julina mengaku, dilakukan penebalan personel di Pelabuhan Gilimanuk. Di samping itu, para personel yang menjaga pintu masuk Bali di Pelabuhan Gilimanuk juga dibekali alat metal detector, mirror detector, dan dibantu anjing pelacak atau unit K-9. "Pemeriksaan barang, orang dan kendaraan tetap dilakukan untuk antisipasi gangguan keamanan. Termasuk pemeriksaan vaksinasi (Covid-19) untuk syarat pelaku perjalanan, tetap dilaksanakan. Dan nanti juga kita siapkan gerai vaksin," kata AKBP Juliana.

Menurut AKBP Juliana, untuk masa arus masuk wisdom ke Bali, diperkirakan masih berjalan lebih lancar. Namun yang perlu menjadi atensi ekstra, adalah saat masa arus balik wisdom yang diperkirakan akan terjadi secara bersamaan setelah tahun baru. Selain kooridinasi dengan pihak ASDP agar bisa meningkatkan pelayanan penyebrangan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah pola pengaturan lalu lintas untuk menghadapi lonjakan arus balik nanti. "Jadi nanti diperkirakan arus balik yang memang menjadi perhatian kita. Itu yang mungkin waktunya akan berbarengan. Jika nanti situasi padat, kita sudah menyiapkan kantong parkir, dan kita akan berlakukan pengalihan arus sebelum masuk Pelabuhan Gilimanuk," ujar AKBP Juliana.

Sementara Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang juga hadir dalam apel gelar pasukan tersebut, mengatakan pihaknya dari Pemkab Jembrana telah menyiapkan petugas untuk membantu pengamanan Nataru nanti. Untuk mengoptimalkan pemeriksaan di Gilimanuk, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak Satpol PP Bali agar bisa melakukan penebalan personel di Pos Pemeriksaan KTP Gilimanuk. "Kita juga ingatkan kepada petugas yang berjaga agar selalu waspada dan lebih sigap. Dalam artian lebih sigap itu, tetap santun dan tunjukan bahwa kita selalu siaga menjaga keamanan mereka dan kita hargai mereka sebagai wisatawan," ujar Bupati Tamba. 7ode

Komentar