nusabali

Pohon Beringin di Lapangan Puputan Badung Tumbang

Timpa Perangkat Olahraga dan Lampu Penerangan

  • www.nusabali.com-pohon-beringin-di-lapangan-puputan-badung-tumbang

DENPASAR, NusaBali
Sebatang pohon beringin berdiameter sekitar 50 centimeter dan tinggi sekitar 10 meter di Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung atau Lapangan Puputan Badung, Denpasar, tumbang pada Jumat (23/12) dinihari.

Pohon beringin tersebut tumbang menimpa perangkat olahraga yang ada di bawahnya dan satu unit lampu penerangan.
Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Kota Denpasar Ida Ayu Widhiyanasari, yang ditemui di sela-sela pemotongan dahan pohon, mengatakan pihaknya mendapat banyak laporan terjadi pohon tumbang akibat cuaca ekstrem beberapa hari terakhir ini.

Namun, pihaknya menerjunkan tim penanganan dengan skala prioritas. Artinya, kalau ada pohon yang tumbang menghalangi jalan, segera ditangani. Demikian pula di Lapangan Puputan Badung ini, pihaknya segera harus melakukan pembersihan. Karena ada kegiatan musik serangkaian Denpasar Festival (Denfest). “Kami langsung terjunkan tim karena ini fasilitas publik,” kata Widhiyanasari.

Dikatakannya, tumbangnya pohon beringin ini diperkirakan terjadi tengah malam. Karena saat itu hujan disertai angin. Seperti halnya di Jalan WR Supratman juga terjadi pohon tumbang yang menghalangi jalan. Kejadiannya sekitar pukul 24.00 Wita, dan langsung ditangani.

Pihaknya berkolaborasi dengan BPBD dalam penanganan pohon tumbang ini. Misalnya, pohon tumbang ke jalan yang merupakan bencana, langsung ditangani BPBD dan Dinas LHK juga turun untuk membantu penanganan.

Dikatakan, pohon jenis Angsana yang paling rawan tumbang. Karena itu, ke depan pihaknya tidak lagi menanam pohon jenis tersebut. *mis

Komentar