nusabali

Siswa SMPN 1 Amlapura Juara I Lomba Pidato Hari Pahlawan

  • www.nusabali.com-siswa-smpn-1-amlapura-juara-i-lomba-pidato-hari-pahlawan

AMLAPURA, NusaBali
Siswa SMPN 1 Amlapura Ni Luh Putu Ayuningsih meraih Juara I Lomba Pidato Bahasa Indonesia, serangkaian peringatan Hari Pahlawan 2022. Dia meraih skor 279.

Lomba digelar MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Indonesia SMP Karangasem, di Aula MTs Negeri Karangasem Jalan Gunung Agung Amlapura, Kamis (10/11).

Lomba diikuti 31 siswa se-Karangasem. Kebanyakan siswa yang ambil bagian kalangan perempuan. Semua peserta tampil bersemangat dengan ekspresi masing-masing. Lomba melibatkan tiga juri yakni I Nyoman Agus Sudipta, I Kadek Supartika Wijaya, dan I Ketut Sudarma. Lomba mengacu kriteria, kesesuaian isi dengan tema, ekspresi dan disertai penjiwaan gestur tubuh, kelancaran, kejelasan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Ketua Panitia Bahrul Ulun mengatakan lomba tersebut dilaksanakan dalam upaya menjaring siswa berbakat bidang pidato bahasa Indonesia. Peraih jura untuk bisa dilatih lebih lanjut untuk wakil Karangasem di tingkat Provinsi Bali. "Banyak siswa berbakat sehingga antarpemenang dengan selisih skor sangat tipis," jelas Bahrul.

Juara II diraih I Gusti Nyoman Kristian Data AP dari SMPN 2 Amlapura skor 274, juara III M Alifkian dari MTs Negeri Karangasem skor 272, juara IV Ni Putu Stepany Melanie dari SMPN 2 Abang skor 270, juara V Ni Luh Putu Adinka Aprilia dari SMPN 3 Amlapura skor 267, dan juara VI Ni Luh Sugiantari dari SMPN 1 Kubu skor 265.

Ketua MGMP Bahasa Indonesia Ni Wayan Sudiartini SPd MPd mengapresiasi semangat siswa yang tampil dalam lomba. "Ini awal yang baik, untuk mewadahi siswa berbakat. Tahun depan akan kembali digelar, berharap pesertanya lebih banyak sehingga persaingan secara kualitas juga meningkat," harapnya.

Kasek SMPN 1 Amlapura I Komang Sueca mengaku tak menyangka anak didiknya menjadi yang terbaik. "Memang, sebelum lomba siswa tersebut menjalani persiapan. Ternyata setelah tampil hasilnya sangat memuaskan dan juara," jelas pendidik dari Lingkungan Jasri Kaler, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem ini.

Kata dia, prestasi itu diharapkan agar mampu menginspirasi siswa lain, yang memiliki hobi yang sama bidang sastra. Mesti telah meraih gelar juara, siswa itu dibina bersama dengan siswa lainnya, agar semakin matang kemampuannya untuk kesempatan lomba berikutnya. Pembinaan menyangkut penguasaan metode pidato, di saat berpidato memberikan kesan positif kepada setiap yang mendengar. Di samping itu, pentingnya struktur pidato mesti dikuasai, mulai dari salam pembuka, ucapan penghormatan, pengantar ke topik utama isi pidato dan pentutup.*k16

Komentar