nusabali

Eks Pasar Loak Gunung Agung Dijadikan Area Perkebunan Sayur

Sebagian Masih Digunakan Sebagai TPS

  • www.nusabali.com-eks-pasar-loak-gunung-agung-dijadikan-area-perkebunan-sayur

DENPASAR, NusaBali
Selain digunakan sebagai tempat pembuangan sampah sementara (TPS), sebagian lahan eks Pasar Loak di Jalan Gunung Agung, Kelurahan Pemecutan, Denpasar Barat, kini dimanfaatkan oleh pihak Kelurahan Pemecutan sebagai lahan bercocok tanam, dengan menanam tanaman buah-buahan dan sayur mayur.

Lurah Pemecutan Ida Bagus Upawana Manuaba saat dikonfirmasi, Rabu (31/8), mengemukakan penanaman pohon buah dan sayuran dilakukan untuk menciptakan ketahanan pangan dan membantu masyarakat dalam meringankan beban pengeluaran. Khususnya pada masa pandemi Covid-19 ini sehingga ke depannya dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat. Menurutnya buah dan sayuran yang ditanam di antaranya, pisang, pepaya, serta sayuran lainnya.

“Pemanfaatan lahan ini untuk membantu masyarakat dan nantinya hasilnya dapat mengurangi pengeluaran masyarakat terutama pemenuhan pangan,” kata Ida Bagus Upawana Manuaba.

Selain itu ke depannya di lahan ini akan dibuatkan kolam ikan sebagai sumber protein nabati. Selain itu sebagian dari luas lahan ini juga akan diperuntukkan sebagai tempat penampungan sampah rumah tangga bagi masyarakat Kelurahan Pemecutan.

Dia berharap ke depannya kegiatan ini dapat menjadi percontohan bagi wilayah lainnya. Hal ini karena saat ini terjadi lonjakan harga bahan pokok yang sangat signifikan.

“Selain itu kami harapkan agar masyarakat yang memiliki lahan kosong supaya segera dimanfaatkan. Sehingga ke depan dapat lebih bermanfaat dalam membantu mengurangi pengeluaran,” ucapnya. *mis

Komentar