nusabali

Perwakilan Jepang Kunjungi Produksi Pupuk Ozaki di TOSS Centre

  • www.nusabali.com-perwakilan-jepang-kunjungi-produksi-pupuk-ozaki-di-toss-centre

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima kunjungan Perwakilan Pemerintah Jepang, Matsumoto Shoji, di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Selasa (19/7).

Kunjungan tersebut terkait cara pengelolaan, pemilahan sampah, dan pembuatan pupuk ozaki.  Hadir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung I Ketut Suadnyana. Di hadapan rombongan, Bupati Suwirta mengatakan Pemkab Klungkung sangat serius menuntaskan permasalahan sampah melalui program TOSS Center. Bupati Suwirta menjelaskan TOSS ini dikelola oleh Koperasi Gema Nadi Lestari. Di areal TOSS ada kebun PKK, dikelola ibu-ibu PKK. "Inovasi yang diciptakan dari tahun 2017 ini (TOSS), telah masuk Top 40 Inovasi Pelayanan Publik," ujar Bupati Suwirta.

Jelas Bupati, di TOSS Center ini sampah masyarakat sekitar 10 truk per hari dipilah antara organik dan anorganik. Sampah yang sudah dipilah diambil langsung di kediaman warga, lanjut dibawa ke TOSS center untuk dikelola. "Sampah plastik akan diambil pada hari Senin dan Jumat dan hari sisanya adalah sampah organik," ujar Bupati Suwirta.

Perwakilan Pemerintah Jepang, Mataumoto Shoji mengungkapkan akan serius mencermati sistem kerja TOSS, terutama pembuatan pupuk ozaki. "Terimakasih Bapak Bupati sudah menerima kunjungan kami dengan baik. Kami ingin mempelajari lebih dalam tentang sistem teknologi di TOSS Center ini," ujar Shoji.*wan

Komentar