nusabali

Lomba Baleganjur Meriahkan Klungkung Youth Festival

  • www.nusabali.com-lomba-baleganjur-meriahkan-klungkung-youth-festival
  • www.nusabali.com-lomba-baleganjur-meriahkan-klungkung-youth-festival

SEMARAPURA, NusaBali
Lomba Baleganjur digelar di Jaba Pura Pemedal Agung Klungkung, pada Sabtu (25/6) malam, serangkaian Klungkung Youth Fest IV yang dimotori oleh DPD KNPI Kabupaten Klungkung.

Lomba dibuka Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Hadir, Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom, Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) OPD terkait di lingkup Pemkab Klungkung, Ketua DPD KNPI Klungkung Anak Agung Gde Utama Indra Prayoga, Koordinator Klungkung Youth Fest 4 I Gusti Ayu Atyantha Danawati, dan undangan lainnya. Lomba Baleganjur ini mengambil tema “Siapkan Dirimu, Menuju Era Society 5.0”. Pada era digital ini pemuda diharapkan bisa memanfaatkan IT dengan baik dan tidak terjerumus ke hal-hal negatif.

Tari Sekar Cempaka yang sudah lama tidak terlihat dalam seremonial acara di Kabupaten Klungkung, pada acara ini dipentaskan oleh Sanggar Seni Samanjaya. Tarian ini untuk menjadi tari pembuka pada pagelaran Lomba Baleganjur ‘Ngarap Kreasi’ untuk Sekaa Teruna se-Kabupaten Klungkung.

Ketua Panitia Luh Made Intan Pratiwi mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk mengasah kreativitas pemuda sehingga dapat terus berinovasi. Adapun tema kegiatan Klungkung Youth Fest IV ini yaitu "Siapkan Dirimu Menuju Era Society 5.0". Lomba Baleganjur ini diikuti tiga peserta di antaranya Yowana Kinara Dyaksa dari Kecamatan Banjarangkan, ST Eka Cita, Desa Tojan, Kecamatan Klungkung, dan ST Darma Guna Paramita, Desa Gunaksa Kecamatan Dawan.

Dari ketiga peserta juara I diraih oleh ST Eka Cita dengan total nilai 262. Juara II Yowana Kinara Dyaksa dengan total nilai 258 dan juara ketiga diraih ST Darma Guna Paramita, dengan total nilai 257. Kegiatan ini merupakan rangkaian HUT Pemuda/KNPI ke-49 tahun di 2022, bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat dan bakat pemuda baik itu di bidang seni dan budaya. Selain itu, acara ini untuk peningkatan UMKM serta ekonomi kecil lainnya serta bersama membumikan potensi-potensi Klungkung agar lebih dikenal luas.

Ketua DPD KNPI  Klungkung Anak Agung Gde Utama Indra Prayoga, menyampaikan lokasi pembukaan kegiatan ini di Jaba Pura Pemedal Agung, agar pemuda secara bersama dengan pemerintah dan Puri Agung Klungkung bisa mengenang dan melestarikan, serta membumikan peninggalan-peninggalan sejarah Klungkung. "Ke depannya rasa bangga dan cinta terhadap peninggalan sejarah, warisan budaya serta adat istiadat yang kental bisa ditonjolkan oleh pemuda Klungkung di era digitalisasi ini," Agung Indra.

Dia juga berharap, ke depan antusias masyarakat dan pemuda khususnya untuk memulihkan perekonomian di Klungkung. Selain itu membumikan nilai-nilai seni dan warisan budaya Klungkung, agar bisa lebih tinggi lagi.

Klungkung Youth Fest IV ini selanjutnya akan diisi pelbagai kegiatan, yakni pada 6 Juli diisi Klungkung Film Festival IV yang sudah bertaraf nasional, 20 - 22 Juli 2022 diisi Lomba e-Sport dengan tajuk “Piala Pelajar Klungkung”, 23 diisi Talk Show Pemuda dan 24 Juli akan diisi dengan Talk Show Gender.

Untuk kegiatan sejak 20 - 24 Juli akan dilaksanakan di Balai Budaya Klungkung Ida Dewa Agung Istri Kanya, Klungkung. Kegiatan ini akan diisi  pekan raya oleh para UMKM Kabupaten Klungkung. Puncak acara pada 24 Juli akan dilaksanakan seremonial HUT Pemuda/KNPI ke-49 dengan pelbagai hiburan dan sekaligus penyerahan hadiah untuk lomba-lomba yang sudah digelar.

Bupati Suwirta dalam sambutannya, mengharapkan KNPI sebagai wadah nasional himpunan pemuda sampai di daerah, agar tetap bergandengan tangan dengan pemerintah. Selain merancang kegiatan sendiri, KNPI juga bisa sharing kegiatan dengan dinas di Pemkab Klungkung. Kegiatan dimaksud tentu berbasis pemuda atau melibatkan pemuda. "Kami berharap ke depan banyak regenerasi calon-calon pemikir dan calon-calon pemimpin yang inovatif bisa tumbuh dari kalangan pemuda untuk bisa membawa Klungkung lebih maju," harap Bupati Suwitra. *wan

Komentar