nusabali

Dirancang Meriah, Peringatan Bulan Bung Karno di Buleleng

  • www.nusabali.com-dirancang-meriah-peringatan-bulan-bung-karno-di-buleleng

SINGARAJA, NusaBali
Pemkab Buleleng melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bakal menggelar beragam lomba untuk memeriahkan peringatan Bulan  Bung Karno pada 2-30 Juni 2022.

Kepala Badan Kesbangpol Buleleng, Komang Kappa Tri Aryandono mengungkapkan, pihaknya telah merancang beberapa kegiatan dan lomba dalam rangka hari Bung Karno. "Di antaranya ada pameran produk unggulan daerah, seminar dan diskusi terkait kepemimpinan Bung Karno, lomba mewarnai gambar Bung Karno tingkat SD dan penebaran bibit ikan," jelas Kappa, Kamis (2/6).

Kegiatan penebaran bibit ikan dilaksanakan secara serentak di provinsi dan kabupaten/kota se-Bali pada 21 Juni yang bertepatan dengan hari wafatnya Bung Karno. Untuk di Buleleng sendiri kegiatan itu akan dipusatkan di Danau Buyan, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng.

Selain itu ada beberapa kegiatan yang dilokuskan di RTH Bung Karno, Kelurahan/Kecamatan Sukasada, sebagai ikon Bung Karno di Buleleng. Yakni lomba fragmentari pada tanggal 27-28 Juni, kemudian pada 29 Juni lomba cipta lagu dan yang terakhir puncaknya pada 30 Juni. "Itu lokusnya hampir semua kegiatan di RTH Bung Karno termasuk pameran produk daerah," sambungnya.

Mantan Kabag Umum Setda Kabupaten Buleleng ini mengatakan, untuk tahun ini peringatan Hari Bung Karno mengambil tema ‘Adicita Danu Kerthi’, yang artinya menstanakan air dalam diri refleksi kepemimpinan Bung Karno. Pihaknya berharap, momentum hari Bung Karno ini tidak hanya jadi seremoni saja tapi harus ada hikmat di dalamnya.

"Sehingga apa yang menjadi cita-cita Bung Karno sebagai proklamator Republik Indonesia, kita bisa ambil semangat dan nilai-nilai kebangsaannya," harap Kappa. *mz

Komentar