nusabali

Persiapkan Buka Air Terjun Gulungan Tikeh

Desa Siangan, Gianyar Tata Objek Wisata

  • www.nusabali.com-persiapkan-buka-air-terjun-gulungan-tikeh

GIANYAR, NusaBali
Masyarakat Desa Siangan, Kecamatan Gianyar, Gianyar, kini sedang mempersiapkan pembukaan Objek Wisata Air Terjun.

Diawali dengan pelaksanaan gotong royong membersihkan lokasi air terjun, Jumat (27/5) pagi. Kegiatan ini melibatkan aparat desa bersama Babhin Siangan dan sejumlah warga. Perbekel Siangan I Ketut Berata menjelaskan gotong royong dilakukan mulai Pukul 07.15 Wita - 11.15 Wita. Penataan air terjun ini atas inisiatifnya melihat potensi wisata alam des aini yang luar biasa. Selain ada air terjun, kawasan ini juga memiliki potensi wisata trekking. Air terjun ini dinamai Gulungan Tikeh yang terletak di daerah aliran Sungai Melangge, wilayah Banjar Siladan dan Banjar Triwangsa, Desa Siangan.

"Gotong royong ini dalam rangka mempersiapkan lokasi tersebut untuk dijadikan destinasi obyek wisata dalam rangka program desa Siangan sebagai desa wisata," jelas Ketut Berata.

Dia menjelaskan, pengelolaan destinasi Objek Wisata Gulungan Tikeh Waterfall, rencananya akan menggunakan dana APBDes Siangan Tahun Anggaran 2023. Disebut Gulungan Tikeh, karena jatuhnya air terjun ibaratkan tikar yang terggulung-gulung. "Air terjunnya ada dua tingkat. Pertama tingginya sekitar 7 meter. Yang kedua, tinggi sekitar 2 meter. Keseluruhan tingginya kurang lebih 9 sampai 10 meter," jelasnya.

Ketut Berata yakin kedepan Objek Wisata Air Terjun ini akan mampu memikat pengunjung. Apalagi dengan adanya jalur trekking. "Akses masuk bisa dari barat Balai Banjar Siladan dan Banjar Triwangsa. Kalau dari utara bisa masuk dari Banjar Munduk agak turun ke pemandian Pasucian Taman," terangnya.

Air terjun ini berada di jalur tukad atau Sungai Melangge. "Di sisi kiri ada Toya Ceking dimanfaatkan warga sebagai air minum," terangnya. Yang tak kalah menarik, kawasan air terjun ini terdapat Padang rumput yang cukup luas bak Savana. *nvi

Komentar