nusabali

Disdikpora Karangasem Seleksi Calon Paskibraka

  • www.nusabali.com-disdikpora-karangasem-seleksi-calon-paskibraka

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem menggelar seleksi calon anggota Paskibraka pada tanggal 19-20 April 2022.

Seleksi hari pertama di Stadion Wikrama Jalan Veteran dan hari kedua di GOR Gunung Agung, Jalan Untung Surapati, Amlapura. Target ikut seleksi sebanyak 200 siswa. Buat sementara sudah mendaftar sebanyak 189 siswa. Syarat peserta putra dengan tinggi badan 167 cm-180 cm sedangkan calon paskibraka putri dengan tinggi badan 162 cm-175 cm.

Kadisdikpora Karangasem, I Wayan Sutrisna, mengatakan seleksi hari pertama, Selasa (19/4) di Stadion Wikrama menyangkut berat badan, tinggi badan, cek kesehatan, dan lainnya. Seleksi hari kedua, Rabu (20/4), di GOR Gunung Agung Jalan Untung Surapati dengan materi parade, baris berbaris, tes kesenian daerah, wawasan kebangsaan, pembinaan ideologi Pancasila, dan lainnya. “Dari 189 yang telah mendaftar, sebanyak 96 putra dan 93 putri. Kami mencari 67 siswa untuk pasukan 7, pasukan 8, dan pasukan 45,” jelas Wayan Sutrisna, Kamis (14/4).

Syarat-syarat peserta putra dengan tinggi badan 167 cm-180 cm, putri tinggi 162 cm-175 cm. Ada surat pengantar dari sekolah bersangkutan, izin orang tua, dan telah dua kali vaksinasi Covid-19. “Siswa tidak memenuhi syarat fisik, langsung gugur,” ungkap Wayan Sutrisna didampingi Kabid Kepemudaan dan Olahraga I Gusti Made Artha Wijaya. Tahun 2021 lalu, sebanyak 166 siswa ikut seleksi Paskibraka.

Rapat persiapan seleksi anggota Paskibraka dihadiri anggota Kodim Karangasem, Dinas Kesehatan Karangasem, independen, dan PPI (Purna Paskibraka Indonesia) Karangasem. “Tim seleksi sudah siap,” tegas Wayan Sutrisna. Sementara Kabid Kepemudaan dan Olahraga, Gusti Made Artha Wijaya mengundang seluruh sekolah SMA/SMK dan MA di Karangasem. “Kami merekrut 67 siswa untuk pasukan 7, pasukan 8, dan pasukan 45. Sebulan sebelum puncak HUT RI, mulai intensif latihan. Kami juga menyeleksi calon Paskibraka untuk dikirim ke Provinsi Bali,” jelas Gusti Artha Wijaya.

Terpisah, Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana mengaku telah mendaftarkan 16 siswa untuk ikut seleksi Paskibraka, masing-masing 8 putra dan 8 putri. “Kami telah intensif latihan, siswa yang kami daftarkan yang memenuhi syarat secara fisik sesuai yang ditentukan panitia,” jelas Marta Ariana. *k16

Komentar