nusabali

Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Jembrana

Di Gianyar Pohon Hantam 3 Sepeda Motor

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-timpa-rumah-warga-di-jembrana

NEGARA, NusaBali  - Pohon setinggi 10 meter tumbang menimpa rumah warga di Jalan Pulau Batam, Lingkungan/Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Sabtu (18/5) siang.

Peristiwa ini terjadi akibat batang pohon yang sudah lapuk dan tertiup angin kencang. Sementara pohon tumbang menimpa 3 unit sepeda motor juga terjadi di Desa Kenderan, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Jembrana, I Putu Agus Artana Putra mengatakan, peristiwa pohon tumbang terjadi pada pukul 13.30 Wita. Beruntung tidak ada korban dalam kejadian tersebut. “Lokasinya di seberang LPD Dauhwaru. Pohon tumbang ke jalan, namun tidak ada korban. Penyebabnya karena kondisi pohon sudah lapuk dan angin kencang,” ujar Agus Artana.

Meski tidak ada korban, pohon tumbang itu menutup seluruh badan jalan sehingga warga yang hendak lewat di lokasi terpaksa mencari jalur alternatif. Pohon setinggi 10 meter itu juga menimpa kabel PLN dan beberapa kabel lain.

Begitu menerima laporan pada sekitar pukul 13.37 Wita, Tim Reaksi Cepat (TRC) Regu II BPBD Jembrana langsung turun ke lokasi untuk melakukan penanganan. Penanganan pohon tumbang itu pun sempat diatensi oleh kepala lingkungan setempat. Proses evakuasi pohon tumbang itu berlangsung sekitar 10 menit mulai pukul 13.40 Wita hingga 13.50 Wita. Akses jalan pun sudah kembali normal. “Untuk kabel yang sempat tertimpa sudah dikoordinasikan ke pihak PLN. Kabelnya juga sudah ditangani,” ujar Agus Artana.

Penanganan pohon tumbang menimpa 3 sepeda motor di Banjar Kenderan, Desa Kenderan, Kecamatan Tegallalang, Sabtu (18/5). -IST

Sementara pohon tumbang juga terjadi di Banjar/Desa Kenderan, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, Sabtu (18/5). Pohon setinggi 17 meter tumbang menimpa badan jalan serta menghantam atap rumah serta 3 sepeda motor. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Putu Suamba mengatakan penyebab pohon tumbang diperkirakan karena akar pohon yang sudah lapuk. Tiga unit sepeda motor yang tertimpa diantaranya Honda Scoopy, Supra dan Yamaha Vixion yang mengalami kerusakan cukup parah. Tidak ada korban jiwa dari musibah tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 50 juta. ode,nvi

Komentar