nusabali

Kemenag Tunggu Kepastian Pemberangkatan Jamaah Haji

  • www.nusabali.com-kemenag-tunggu-kepastian-pemberangkatan-jamaah-haji

BANGLI, NusaBali
Pandemi Covid-19 menyebabkan keberangkatan calon haji tertunda selama dua tahun. Pemberangkatan jamaah haji terakhir pada tahun 2019.

Sebanyak 9 calon haji dari Bangli ikut melaksanakan ibadah haji. Terkait pemberangkatan calon haji tahun 2022, Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangli masih menunggu kepastian dan informasi lebih lanjut.

Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Bangli, Rr Ambaryuli Pengestuti, mengaku masih menunggu informasi resmi terkait pemberangkatan haji. Kementerian Agama RI telah melakukan komunikasi dengan Kerajaan Saudi Arabia. “Kami belum bisa menyampaikan apakah bisa atau tidak untuk pemberangkatan tahun ini,” ungkap Ambaryuli, Senin (21/3). Kemenag Bangli tetap melakukan persiapan terkait dokumen administrasi bagi calon jemaah haji.

Ambaryuli mengatakan, pada tahun 2019, sebanyak 700 jemaah haji asal Bali yang berangkat ke Saudi Arabia. Sementara dari Bangli, jumlahnya sebanyak 9 orang. Kuota haji pada tahun 2020, Bali mendapat kuota 700 orang. Merebaknya pandemi Covid-19, keberangkatan ditunda. “Keberangkatan 700 jemaah ini ditunda ke tahun 2021. Namun terjadi penundaan kembali sehingga tidak ada pemberangkatan,” jelasnya. Jika tahun 2022 kembali ada pemberangkatan, maka jemaah yang diberangkatkan tetap memprioritaskan kloter tahun 2020. Berdasarkan data, calon Jemaah dari Bangli berjumlah 2 orang. *esa

Komentar