nusabali

Siswa SMAN 2 Amlapura Berlomba Pidato Buddhis Tingkat Nasional

  • www.nusabali.com-siswa-sman-2-amlapura-berlomba-pidato-buddhis-tingkat-nasional

AMLAPURA, NusaBali - Siswa kelas XII IPS1 SMAN 2 Amlapura, Ericha Mellyana, akan mengikuti Lomba Pidato Buddhis Tingkat Nasional 2023. Keikutsertaannnya ini setelah dia meraih juara dalam seleksi pada Sippa Dhamma Samajja Tingkat Provinsi Bali IX  Tahun 2023.

Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Bali yang menyelenggarakan lomba tersebut di Hotel Puri Nusa Indah Denpasar 30 April-1 Mei. Peserta hanya dengan cara menyetorkan video rekaman, lanjut dewan juri menilai melalui video.

"Saya tengah bersiap ke Lomba Sippa Dhamaa Samajja Tingkat Nasional," jelas bintang kelas sejak kelas X kepada NusaBali, di sela-sela acara pelepasan siswa kelas XII SMAN 2 Amlapura, di Jalan Untung Surapati, Amlapura, Jumat (5/5).

Ericha Mellyana keluar sebagai juara mencatat skor tertinggi 95. Dia mengungguli pesaingnya dari Buleleng skor 93 dan juara III Klungkung skor 88.

Dia mengikuti lomba tersebut secara mandiri. Nomor-nomor lomba yang tersedia yakni bercerita, nyanyi, cerdas cermat, dan lain-lain. Mengingat umat Buddha di Karangasem sedikit, sehingga dia tidak mungkin ikut cerdas cermat yang tampil beregu. Sedangkan nomor nyanyi dan bercerita telah pernah dia ikuti. Maka keputusan terakhir, dia mencoba ikut lomba pidato atau Dhammakatha.

Kata Ericha, persiapannya mulai dari rekaman, menyusun naskah, hingga tuntas, semua dia lakukan di luar jam pelajaran sekolah. "Ternyata hasil karya saya mendapatkan penilaian terbaik dan berhak mewakili Bali di Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional.

Sedangkan untuk Sippa Dhamma Samajja, ketentuannya  yakni peserta setor naskah dalam bentuk rekaman video 1-25 Mei, penilaian 12-23 Juni. Selama ini pelatihan dan pengambilan video di Vihara Buddha Ratana, melalui lembaga SMB (Sekolah Minggu Buddhis) Amlapura. "Video saya tampilkan nanti bertema kedisiplinan, dengan durasi video 13 menit," jelas alumnus SMPN 2 Amlapura tahun 2020.

Sebelumnya, dia pernah berprestasi tingkat nasional, Juara Lomba Essai di UGM Yogyakarta 2022, Juara III Lomba Essai di Universitas Yogyakarta 2022, dan Juara Cerdas Cermat Bidang Sejarah di Provinsi Bali 2022.

Siswa yang bercita-cita jadi Menteri Keuangan ini mengaku tetap bertekad untuk menjadi yang terbaik di tingkat nasional. Kata dia, kejuaraan ini nantinya bakal menjadi kenangan terindah sebelum menamatkan sekolah di SMAN 2 Amlapura, juga nama baik Karangasem dan Bali.

Dia adalah putri sulung dari 3 bersaudara pasangan Bhoen Tjan Fuk dan Ni Ketut Sukerti. Dia, awalnya hobi menulis essai dan olahraga wushu. Tetapi wushu belakangan ini ditinggalkan karena kesibukannya di sekolah.

Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa berjanji mengoptimalkan potensi siswa itu. "Nanti kami bina, mulai dari penulisan naskah agar sesuai ejaan, hingga melakukan rekaman," jelasnya.

Dia mengatakan telah menyiapkan sejumlah guru Pembina. Pembinaan ini agar nanti lebih optimal jelang tampil di Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional.7k16

Komentar