nusabali

Kuota Haji Buleleng 84 Orang

  • www.nusabali.com-kuota-haji-buleleng-84-orang

SINGARAJA, NusaBali
Kuota haji untuk Kabupaten Buleleng pada tahun 2023 sebanyak 84 orang jemaah. Kuota tersebut sekitar 12 persen dari total alokasi kuota jemaah untuk Provinsi Bali, yang sebanyak 698 orang jemaah.

Kouta haji Buleleng tahun ini bertambah dibandingkan tahun 2022 yang hanya 45 orang jemaah. Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Agama Buleleng, Imam Syafi'i menyampaikan, pada keberangkatan haji tahun ini Kantor Agama Buleleng memprioritaskan jemaah-jemaah yang sebelumnya gagal berangkat pada tahun 2022 lalu. Mengingat saat itu masih diberlakukan sejumlah pembatasan sebagai dampak pandemi Covid-19.

Ada 50 orang calon jemaah haji yang berasal dari sisa kuota tahun 2022 silam. Sementara calon jemaah baru pada tahun 2023 ini sebanyak 34 orang. "Kami sudah menyiapkan para calon Jemaah haji. Mengingat keberangkatan para calon jemaah hanya tersisa beberapa bulan lagi," kata Imam Syafi’i, Senin (27/2).

Ia menambahkan, pada tahun ini tidak ada pembatasan seperti yang terjadi pada tahun 2022. Pada penyelenggaraan haji tahun lalu calon jemaah yang berusia di atas 65 tahun tidak bisa berangkat. Namun kini jemaah yang berusia di atas 65 tahun, tetap bisa menunaikan ibadah mereka di tanah suci.

"Diprediksi jemaah pada tahun ini akan lebih banyak terdiri dari kelompok lansia. Kami meminta agar para calon jemaah melatih fisik mereka jelang ibadah haji. Minimal setiap orang calon jemaah berlatih berjalan kaki minimal sejauh tujuh kilometer," terang Syafi'i.

Saat ini para calon jemaah haji masih dalam tahap menuntaskan pengurusan paspor. Mereka juga mulai melakukan bimbingan ibadah haji dan umroh secara mandiri. Rencananya pembinaan dan bimbingan manasik haji dari Kementerian Agama, akan dimulai pada bulan Maret mendatang. *mz

Komentar