nusabali

Puan Minta Anggota DPR Tindaklanjuti Aspirasi Rakyat Kelangkaan Minyak Goreng Disorot

  • www.nusabali.com-puan-minta-anggota-dpr-tindaklanjuti-aspirasi-rakyat-kelangkaan-minyak-goreng-disorot

JAKARTA, NusaBali
Ketua DPR RI Puan Maharani, meminta para Anggota DPR RI segera menindaklanjuti hasil reses (penyerapan aspirasi) yang telah dilaksanakan 19-14 Februari 2022 di dapil (daerah pemilihan) masing-masing.

Hal itu disampaikan Puan saat pidato pembukaan Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2021-2022 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (15/3).

"Saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh Anggota DPR RI yang telah melaksanakan reses dan menyapa konstituennya di daerah pemilihan masing-masing. Semua harapan, aspirasi dan kritik yang telah disampaikan saat reses agar ditindaklanjuti Alat Kelengkapan Dewan (AKD) melalui rapat-rapat bersama dengan pemerintah dan lembaga negara terkait," ucap Puan.

Puan menyoroti permasalahan hangat yang sedang terjadi seperti bencana di Pasaman, Sumatera Barat. Atas nama Pimpinan dan Anggota DPR RI Puan menyampaikan belasungkawa dengan terjadinya bencana alam di sana. Dia meminta pemerintah agar melakukan berbagai upaya penanggulangan bencana untuk menangani masyarakat yang terdampak.

Sebagai Negara yang berada di wilayah rawan bencana, lanjut Puan, DPR RI bersama dengan pemerintah akan terus memperkuat kemampuan dalam penanggulangan bencana, mulai dari mitigasi, tanggap darurat, rekonstruksi dan rehabilitasi. Tak ketinggalan, DPR RI menjalankan kedaulatan rakyat melalui fungsi legislasi, anggaran, pengawasan dan diplomasi.

Oleh karena itu, DPR RI dalam melaksanakan fungsinya, agar dapat memastikan kebijakan dan program yang dijalankan oleh pemerintah memberikan manfaat dan kemakmuran yang sebesar-besarnya bagi rakyat. Melalui fungsi konstitusionalnya, DPR RI akan memastikan rakyat mendapatkan pelayanan kesehatan, pendidikan yang lebih baik serta dapat memenuhi kebutuhan pokok.

"Inilah tanggung jawab kita bersama, dalam menjalankan kedaulatan rakyat agar kemajuan dalam membangun Indonesia dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Kemudian hidup rakyat menjadi sejahtera dan lebih mudah. Dalam mewujudkan tujuan pelaksanaan tugas DPR RI tersebut, kita dituntut untuk meningkatkan DPR RI yang kuat secara substansi, berdemokrasi secara berkeadaban dan memiliki kehormatan sesuai dengan kedudukannya," papar mantan Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) ini.

Cucu dari Proklamator Soekarno ini menyatakan, melalui fungsi anggaran DPR RI akan mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat program pemulihan sosial dan ekonomi nasional pada tahun 2022. Sementara dari fungsi pengawasan, perempuan dari Fraksi PDIP ini mengingatkan agar para Anggota DPR RI memperhatikan sejumlah permasalahan.

"Seperti kenaikan harga bahan pokok menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri, kelangkaan minyak goreng dan kedelai, penerapan bebas karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri, penerapan kebijakan bebas test PCR dan antigen bagi pelaku perjalanan domestik, percepatan vaksinasi dan program booster vaksin Covid-19 serta penguatan literasi keuangan digital," jelas Puan.

Bagi Puan, efektivitas fungsi pengawasan DPR RI dapat dilihat dari tindak lanjut yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam melaksanakan rekomendasi atau keputusan rapat bersama DPR RI, secara terukur, tepat sasaran dan tepat manfaat. *k22

Komentar