nusabali

Tim Pengkaji dari Pusat Akan Lakukan Verifikasi

  • www.nusabali.com-tim-pengkaji-dari-pusat-akan-lakukan-verifikasi

Pemerintah Kota Denpasar mengajukan Raja Badung VII I Gusti Ngurah Made Agung sebagai calon pahlawan nasional ke Kementerian Sosial RI.

Usulan I Gusti Ngurah Made Agung sebagai Calon Pahlawan Nasional

DENPASAR, NusaBali
Tahap mendapat gelar pahlawan nasional ini akan memasuki tahapan verifikasi yang dilakukan Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) pada Senin (12/10) mendatang. Demikian dikatakan Kepala Bidang Pembinaan Organisasi dan Bantuan Sosial Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Denpasar Ni Luh Ridawati SSos MM saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/10).
“Usulannya sudah masuk ke pusat. Akan ada tim TP2GP yang akan turun pada Senin mendatang untuk melakukan verifikasi,” jelasnya.

Dikatakan Ridawati, usulan calon pahlawan nasional ini sudah diajukan sejak 2008. “Pernah dilakukan verifikasi data dan informasi pada tahun 2012, namun karena masih ada beberapa persyaratan yang kurang sehingga gagal. Tahun ini mudah-mudahan bisa, karena syarat-syarat yang sebelumnya belum terpenuhi, sudah berupaya dipenuhi tahun ini,” jelasnya.

Setelah tim melakukan verifikasi dan dinyatakan memenuhi syarat sebagai pahlawan nasional, maka untuk pertama kalinya dari Denapsar akan ada pahlawan nasional. Sementara untuk di Bali, Gusti Ngurah Made Agung menjadi pahlawan nasional ketiga setelah Gusti Ngurah Rai dan Gusti Ketut Jelantik. “Kami berharap November nanti bisa ditetapkan sebagai pahlawan nasional,” ujarnya.

Ridawati menjelaskan alasan diajukannya I Gusti Ngurah Made Agung sebagai pahlawan nasional, karena beliau merupakan tokoh sentral dalam perang habis-habisan masyarakat Bali melawan penjajah Belanda yang dikenal perang Puputan Badung. Pada perang yang berlangsung 1902-1906 itu, I Gusti Ngurah Made Agung menjadi pemimpin dalam peristiwa heroik tersebut. Secara nasional, Kementerian Sosial tengah membahas sebanyak 13 nama pejuang yang diusulkan untuk mendapatkan anugerah gelar pahlawan nasional yang akan diumumkan pada November 2015.

Komentar