nusabali

4 RS di Klungkung Terima Global Budget

  • www.nusabali.com-4-rs-di-klungkung-terima-global-budget

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyerahkan secara simbolis dana global budget kepada 4 rumah sakit di Klungkung, di ruang rapat Praja Mandala, Kantor Bupati Klungkung, Rabu (22/9).

Total dana yang diserahkan Rp 140 miliar. Empat RS itu yakni RSUD Klungkung, Rumah Sakit Umum Permata Hati, Rumah Sakit Umum Bintang, dan RSUD Gema Santi Nusa Penida. Global Budget merupakan pengalokasian dana secara adil dan transparan kepada RS selama setahun dari BPJS Kesehatan. Dana ini digunakan untuk membiayai pelayanan kesehatan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kegiatan tersebut dihadiri Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Manajemen Resiko BPJS Kesehatan, Mahlil Ruby, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra serta OPD terkait lainnya. Hadir pula, 

Deputi Direksi Wilayah Bali, NTT dan NTB Agung Putu Darma. Agung Putu Darma menyatakan kegiatan ini baru dalam bentuk proses pengembangan sistem pembayaran global budget tahap pemberian uang muka. Pembayaran ini antara lain pada seluruh RS di Kabupaten Klungkung dapat berjalan lancar. Dengan adanya sistem pembayaran global budget, RS dapat meningkatkan pelayanan yang berkualitas dan efisien pada peserta JKN-KIS. "Kami berharap kegiatan ini menjadi kesungguhan ikhtiar dalam mengimplementasikan sistem global budget," ujar Putu Darma.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan perlu adanya sebuah komitmen dan niat yang tulus dari semua pihak untuk menyukseskan sistem global budget. Hal ini agar nantinya bisa berjalan efisien dan maksimal dengan langkah-langkah promotif, preventif dan edukatif. "Mari kita semua berpikiran untuk bisa hasil maksimal dalam sistem pelayanan kesehatan," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menambahkan dengan adanya program ini, maka seluruh rumah sakit di Kabupaten Klungkung bisa memberikan pelayanan lebih maksimal kepada masyarakat. "Semoga sistem pelayanan kesehatan global budget ini bisa berjalan lancar untuk mensejahterakan kesehatan masyarakat Kabupaten Klungkung," harap Bupati Suwirta. *wan

Komentar