nusabali

Lanal Denpasar Mulai Pelaksanaan Vaksinasi Dosis Kedua

  • www.nusabali.com-lanal-denpasar-mulai-pelaksanaan-vaksinasi-dosis-kedua

DENPASAR, NusaBali.com - TNI AL, dalam hal ini Lanal Denpasar, melaksanakan kegiatan vaksinasi dosis kedua bertempat di Gedung BCT Pelabuhan Benoa, pada Jumat (30/7/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana ST MAP didampingi Palaksa dan Perwira Staf Lanal Denpasar serta Ketua Cabang 10 Korcab V DJA II Citra I Komang Teguh Ardana .

Dalam penjelasannya Danlanal Denpasar yang diwakili oleh Palaksa Lanal Denpasar Letkol laut (P) Agus Ali Hardono SE MTr Hanla, menegaskan bahwa menuntaskan vaksinasi Covid-19 merupakan langkah penting untuk menghilangkan pandemi yang telah berjalan hampir dua tahun.

“Masyarakat memiliki peran penting dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 agar tidak menimbulkan sumber penularan baru pada tempat-tempat di mana terjadi pergerakan orang, terutama masyarakat maritim yang bekerja di sektor pelabuhan dan sekitarnya,” ujar Danlanal Denpasar. 

Dikatakannya pelabuhan dan sekitarnya rawan sekali menjadi tempat penularan virus Covid-19, dikarenakan pelabuhan adalah gerbang masuk dan lalu lintas angkutan laut dan nelayan. 

“Peran masyarakat untuk dapat memutus mata rantai penularan Covid-19 dari risiko tertular dan menularkan harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, dan dengan gerakan 6M,” imbuh Kolonel Laut Teguh Ardana.

Seperti diketahui 6M yang dimasksud Danlanal yaitu memakai masker dengan benar, menjaga kebersihan tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjaga pola makan sehat dan istirahat cukup, dan menjauhi kerumunan.
Kegiatan vaksinasi yang bekerja sama dengan KKP Pelabuhan Benoa Bali tersebut ditargetkan memberikan dosis vaksin kurang lebih 500 dosis untuk masyarakat maritim dengan menggunakan vaksin jenis Sinovac. Adapun petugas vaksinator adalah dari Balai Kesehatan Lanal Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut tidak lupa Danlanal Denpasar memberikan apresiasi kepada instansi terkait lainnya yang sudah bahu mebahu mempersiapkan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat maritim, sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Sehingga masyarakat unsur maritim di wilayah Denpasar dan sekitarnya mendapatkan vaksin semua.

Diketahui sebelumnya Lanal Denpasar telah mengadakan serbuan vaksinasi Covid-19 pada tanggal 2 dan 6 Juli 2021, bertempat di Dermaga Timur Pelabuhan Benoa. Dalam kesempatan tersebut setidaknya 1.100 orang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

Antusiasme masyarakat terbukti sangat baik dengan selalu habisnya dosis vaksin yang disediakan setiap kali megadakan program vaksinasi. *adi

Komentar