nusabali

Proyek Sumber Mata Air Segening Segera Tender

  • www.nusabali.com-proyek-sumber-mata-air-segening-segera-tender

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menargetkan proyek penanganan air dari sumber mata air Segening di Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, dilakukan tahun ini. Pemkab memasang anggaran Rp 1,4 miliar, untuk menaikkan air dari sumber mata air yang berada ratusan meter di bawah jidat tebing tersebut.

Bersama tim dari PDAM, PLN, Betperlitbang Klungkung, Dinas PU Klungkung, dan jajaran terkait, Bupati Suwirta kembali mengecek lokasi setempat, Rabu (28/7). Pengecekan ini sebagai tindak lanjut dari kunjungan sebelumnya. 

Menurut Bupati Suwirta, anggaran Rp 1,4 miliar tersebut termasuk untuk menyiapkan reservoar (bak penampungan air). ‘’Sehingga nanti bisa mencukupi kebutuhan air masyarakat di wilayah ini," ujar Bupati Suwirta. Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Nusa Penida ini menugaskan tim agar segera melengkapi data-data sehingga secepatnya bisa dilakukan proses lelang maupun tender. Untuk pengelolaan, menurut Bupati Suwirta, nantinya apakah dipakai Pamsimas, BUMDes atau diserahkan ke PDAM Klungkung.

Selain itu, kata Bupati Suwirta, Pemkab juga saat ini tengah berkoordinasi dengan pusat untuk rencana peminjaman dana PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) Rp 45 miliar untuk menangani peningkatan SPAM (sistem penyediaan air minum) dengan memanfaatkan sumber mata air di Nusa Penida.

Plt Perbekel Bunga Mekar I Made Supradnya Yasa mengatakan, mata air Segening memiliki debit air 6 liter/detik. Jarak sumber mata air dengan tebing  teratas sekitar 300 meter. Penduduk Desa Bunga Mekar saat ini 900 KK atau sekitar 3.000 jiwa. wan

Komentar