nusabali

HUT RI di Karangasem Kemungkinan Tanpa Paskibraka

  • www.nusabali.com-hut-ri-di-karangasem-kemungkinan-tanpa-paskibraka

AMLAPURA, NusaBali
Perayaan HUT ke-76 Kemerdekaan RI kemungkinan tanpa Paskibraka (pasukan pengibar bendera pusaka). Sebab sebanyak 21 siswa SMA/SMK yang terpilih menjadi anggota Paskibraka belum dapat izin berlatih dari Satgas Penanggulangan Covid-19 Karangasem.

Alasannya masih pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4. “Latihan Paskibraka belum diizinkan karena Karangasem masuk PPKM level 4, hal itu sesuai Surat Edaran Gubernur Bali,” jelas Kepala Sekretariat Satgas Penanggulangan Covid-19 Karangasem I Ketut Sedana Merta, Selasa (27/7).

Ketut Sedana Merta yang juga Sekda Karangasem berharap anggota Paskibraka bersabar menunggu situasi Covid-19 reda. “Bagaimanapun Paskibraka mesti dipersiapkan, hanya saja menunggu situasi agar bisa menggelar latihan,” jelas mantan Kepala Bapelitbangda Karangasem dan Kadis PUPR Karangasem ini. Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) wajib memberitahukan kondisi itu kepada siswa yang telah direkrut. Sehingga siswa memahami situasi masih belum memungkinkan menggelar latihan.

Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Karangasem I Wayan Putu Susila seizin Kadisdikpora I Gusti Ngurah Kartika mengakui belum dapat izin latihan. Izin latihan Paskibraka diberikan jika Karangasem telah masuk PPKM level 2. Sedangkan untuk menurunkan status itu, mestinya diimbangi turunnya kasus baru dan naiknya pasien sembuh. “Kami hanya bisa mendoakan agar Karangasem masuk level 2,” ungkap Wayan Susila. Disebutkan, SE Gubernur Bali Nomor 12 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 sebagai pedoman melakukan aktivitas. Jika level 4, seluruh kegiatan idealnya dari rumah atau WFH (work from home).

Diakui, seragam Paskibraka telah dibagikan kepada 21 siswa dan siswa terus menanyakan kepastian latihan. Sebanyak 21 siswa yang lolos Paskibraka yakni 14 putra dan 7 putri. Siswa yang lolos dari SMAN 2 Amlapura sebanyak 10 siswa, SMAN 1 Amlapura sebanyak 5 siswa, SMA PGRI Amlapura sebanyak 2 siswa, SMKN Amlapura sebanyak 3 siswa, dan SMAN 3 Amlapura sebanyak 1 siswa. Juga telah meloloskan sepasang Paskibraka untuk ke Provinsi Bali yakni I Komang Adhi Aryawiguna dari SMAN 1 Amlapura dan Ni Putu Ayu Sekar Tresna dari SMAN 2 Amlapura. Pembina telah siap melatih Paskibraka yang telah lolos. Pembina terdiri dari Ketua Panitia I Wayan Putu Susila dibantu I Wayan Jaya Antara, I Wayan Sueca, I Putu Pasek Jaya, I Ketut Ngenteg, I Dewa Made Suparta, dan I Ketut Catur Tirtha. “Kami akan awali latihan fisik di lumpur. Itu tradisi di awal latihan,” ungkap Wayan Susila. *k16

Komentar